Pemkab Badung Dorong, Semua Desa dan Kelurahan Membentuk Tisira

oleh -7 views
ilustrasi hewan anjing
Ilustrasi Hewan Anjing - Foto : Pexels

Panennews.com – Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kabupaten Badung mendorong semua desa dan kelurahan membentuk tim siaga rabies (Tisira) di Kabupaten Badung.

Bidang Kesehatan Hewan Disperpa Badung mencatat ada empat desa/kelurahan yang sudah bentuk Tisira mulai dari, Kelurahan Legian Kecamatan Kuta, Desa Sangeh Kecamatan Abiansemal, Kelurahan Sempidi Kecamatan Mengwi, dan Desa Canggu, Kuta Utara jelas, Kepala Disperpa Badung, I Wayan Wijana belum lama ini di Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

“Saat ini kami mendorong semua desa di Badung agar membentuk Tisira, yaitu Tim Siaga Rabies. Kami sudah komunikasi hal ini ke tiap kecamatan dan Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) untuk di masing-masing desa bentuk Tisira,” ujarnya.

Baca Juga :   Metode Sexing Jadi Alternatif Perbanyak Populasi Sapi Jantan Hingga Perah

Dirinya menyebutkan, belum sempat cek desa mana saja yang secara khusus punya peraturan desa (Perdes) terkait penanganan dan antisipasi rabies.

Namun seiring arahan pembentukan Tisira ini, desa juga didorong segera membuat Perdes rabies, dan desa adat membuat peraturan adatnya.Kasus gigitan anjing positif rabies di Badung hingga Juni mencapai 19 kasus, tersebar di semua kecamatan kecuali Petang.

“Dinas Kesehatan untuk upaya penyelamatan korban gigitan dan kami dari sisi observasi menentukan anjing rabies atau tidak. Dari 19 kasus gigitan ini, (anjing) positif rabies yang umumnya anjing liar dan peliharaan yang diliarkan,” jelasnya.

Baca Juga :   Cegah Rabies Hewan, Vaksinasi Gratis Di Yogyakarta Kembali Digencarkan

Dirinya mengatakan, Pemkab Badung menargetkan 80 persen dari total populasi hewan penular rabies (HPR) di Badung sudah bisa selesai divaksin akhir Juli 2023 ini.

Disperpa Badung mengungkapkan sudah menfokuskan vaksinasi di wilayah wisata seperti Kuta Selatan sampai Kuta Utara sebagai prioritas.

“Kami sudah arahkan desa-desa di pesisir pantai wisata untuk mengendalikan anjing liar di kawasan wisata pantai. Kami juga kerja sama dengan pihak swasta, shelter anjing untuk relokasi anjing liar. Supaya tidak ganggu kenyamanan wisatawan,” pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.