Jalani Audisi Sapi, Hewan Kurban Bantuan Jokowi di Jogja Berbobot 1 Ton

oleh -5 views
Sapi bantuan Presiden Jokowi untuk DIY
Sapi bantuan Presiden Jokowi untuk DIY. (Dok. Pemda DIY)

Panennews.com – Bantuan sapi dari Presiden Joko Widodo untuk kurban Idul Adha di Yogyakarta dipilih layaknya audisi. Sapi diserahkan ke Masjid Al Falaq, Singkil, Tepus, Gunungkidul, secara simbolis di kompleks Pemda DIY, Selasa (27/6/2023).

“Dalam kesempatan yang berbahagia ini, atas nama Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta kami menyampaikan satu ekor sapi dari Presiden Republik Indonesia,” ucap Kepala Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY, Djarot Margiantoro.

Menurut Djarot, Islam memasukkan dua nilai penting dalam ibadah kurban, yaitu: nilai historis berupa kejadian atau peristiwa penggantian kurban Nabi Ibrahim terhadap putranya, Ismail, dengan seekor domba, dan nilai kemanusiaan berupa pemberian makan dan membantu fakir miskin pada saat hari raya.

“Hari raya Idul Adha atau sering pula disebut hari raya kurban, di situlah kita dapat menyaksikan orang-orang yang mampu untuk berkurban berbagi kepada orang-orang yang tidak mampu. Daging kurban yang dibagi-bagikan tentu banyak manfaatnya,” ungkap Djarot.

Baca Juga :   Perdana, Indonesia Ekspor Ayam Hidup 41 Ton Ke Singapura

Sapi dari Presiden Jokowi berjenis Angus atau Aberdeen Angus dengan bobot 1.030 kilogram atau lebih dari 1 ton dengan usia 3,5 tahun. Sapi Angus berasal dari dataran tinggi Skotlandia dan memiliki ciri khas bulu keriting berwarna hitam, tidak memiliki punuk, dan tidak memiliki tanduk.

Jenis sapi ini memiliki kelebihan masa pertumbuhan yang cepat, mutu karkas yang tinggi, dan umur pemotongan yang tidak lama. Pemilik sapi, Badar Kurniawan, menyebut sapi yang berasal dari Kutu Tegal, Sinduadi, Mlati, Sleman, tersebut dibeli dengan harga Rp 107.500.000.

“Dari Dinas tidak ada spesifikasi khusus. Pertama dari Puskeswan mencari sapi-sapi yang masuk kriteria Bapak Presiden, kemudian dimasukan ke provinsi. Kayak audisi gitu,” kata Badar.

Baca Juga :   Resmikan Pabrik Amonium Nitrat, Presiden : Tingkatkan Bahan Baku Pupuk

Pemda DIY lantas melakukan kunjungan untuk mengambil sampel untuk diperiksa di laboratorium. “Kami dikonfirmasi lagi bahwa sapinya sehat dan akan dilaporkan kepada Sekretariat Presiden,” ucapnya.

Selain itu, di agenda ini juga diserahkan sembilan sapi kurban bantuan Gubernur DIY dan Wagub DIY. Sapi-sapi kurban tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Sapi dari Gubernur DIY diberikan ke Masjid Gedhe, Masjid Nurul Haq (Moyudan, Sleman), Masjid Pangeran Diponegoro (Kota Yogyakarta), Masjid Al Furqon (Girimulyo, Kulonprogo), Masjid Al Ma’ruf (Gedangsari, Gunungkidul) dan Masjid Baiturrahman (Selopamioro, Bantul). Adapun sapi dari Wakil Gubernur DIY untuk Masjid Puro Pakualaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.