Sapi Pasundan, Ternak Lokal Khas Jawa Barat Yang Berkualitas

oleh -221 views
cows-7489457_640
Foto : Pixabay

Panennews.com – Sapi pasundan merupakan salah satu jenis sapi lokal yang berasal dari Jawa Barat. Sapi ini hasil dari persilangan antara sapi bali dengan sapi jawa yang beradaptasi lebih dari 10 generasi.

Jenis sapi tersebut biasanya memiliki penyebaran yang cukup luas secara geografis dalam daerah Provinsi Jawa Barat meliputi Kabupaten Pangandaran, Tasikmalaya, Garut, Sukabumi, Ciamis, Kuningan, hingga Majalengka.

Secara umum, sapi dari Jawa Barat ini memiliki tinggi badan dalam jumlah ukuran yang berkisar antara 115 cm terdapat pada jantannya, sedangkan jenis betina terdapat tinggi badan berkisar 105 cm. Dalam ukuran tinggi tersebut, biasanya jenis sapi pasundan jantan ini memiliki bobot berkisar antara 240 kilogram, sedangkan yang betina terdapat bobot berkisar antara 230 kilogram.

Baca Juga :   Wapres Pastikan Daging Sapi Asal Selandia Baru Bersertifikasi Halal

Selain itu, beberapa jenis sapi pasundan ini juga memiliki tanduk pendek dengan ukurannya yang cukup bervariasi mulai dari kecil hingga besar. Lebih lanjut, sapi pasundan juga memiliki punuk besar yang terdapat diantara leher dan kepalanya, adapun biasanya jenis sapi pasundan ini memiliki warna hitam, coklat, hingga putih. Namun, kebanyakan jenis sapi ini didominasikan oleh warna coklat cenderung hitam.

Sementara itu, karakteristik sapi ini memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap penyakit hingga faktor cuaca yang tak menentu, biasanya jenis sapi ini juga cukup mudah dalam perawatannya. Lebih jauh, kualitas dagingnya pun cukup tergolong bagus, sehingga jenis sapi ini pun termasuk ke dalam jenis sapi lokal yang berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.