Bunga Tak Putus, Fenomena Menarik Vanili Lombok

oleh -10 views
vanili NTB
Tanaman Vanili - (Panennews.com/Istimewa)

Panennews.com – Bunga menjadi tidak putus, salah satu fenomena menarik Vanili Lombok saat ini. Fenomena menarik ini belum pernah dijumpai selama 20 tahun oleh para petani.

Tidak diketahui penyebabnya yang pasti. Apa karena pengaruh intensitas hujan yang masih tetap turun, meski musim kemarau mulai masuk.

Menurut Eksportir Vanili Lombok, Mohir, bunganya terus bermunculan. Kalau biasanya, setelah panen harus nunggu beberapa bulan dulu baru tumbuh bunga.

Sekarang terus berbunga. Fenomena ini terjadi se Indonesia. Para ahli masih melakukan penelitian penyebabnya.

Baca Juga :   Ketahui Keuntungan Menggunakan Pupuk Organik Untuk Tanaman Buah

Hingga sekarang belum diketahui, apakah munculnya bunga vanili secara kontinu ini mengindikasikan produksi akan meningkat, atau sebaliknya. Harapannya fenomena ini menjadi tanda baik produksi vanili meningkat karena proses pembuahan terus berlangsung.

Fenomena ini juga menjadi pembelajaran bagi petani untuk melakukan panen secara selektif terhadap buah-buah yang sudah siap panen.

Dikatakannya, apakah ini menjadi kabar membahagiakan dan belum diketahui juga dampaknya. Karena pengamatan para ahli juga belum menyimpulkan kondisi ini karena tidak pernah terjadi sebelumnya.

Untuk diketahui vanili menjadi salah satu komoditi perkebunan yang bernilai ekonomi tinggi. Jika sebelumnya, tanaman ini dianggap kurang menjanjikan dan berbiaya mahal, sekarang justru tanaman ini menjadi primadona petani dan pengusaha di daerah ini.

Baca Juga :   KKP Gandeng Pemkab Lombok Timur Bangun Sentra Industri Budidaya Lobster Nasional

Bahkan, petani vanili, khususnya yang ada di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur kewalahan memenuhi permintaan pasar ekspor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.