KKP Bersama DPR Dukung Potensi Budidaya Ikan Air Tawar Di Subang

oleh -26 views
IMG_20230518_194615-537549980
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersinergi dengan DPR-RI untuk mendorong pemanfaatan potensi budidaya ikan air tawar di Subang dalam rangka peningkatan ketahanan pangan nasional.

“Seperti di Subang sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang memiliki potensi sumberdaya perikanan dan kelautan yang begitu besar. Salah satunya potensi budidaya ikan air tawar di Subang seperti kolam air tenang dan kolam air deras cukup tinggi dengan permintaa pasar tentunya yang tinggi” ujar Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Tb Haeru Rahayu. Jum’at (19/05/2023).

Lebih lanjut, subsektor perikanan budidaya menjadi salah satu penopang ketahanan nasional, maka dari itu KKP terus pacu produksi perikanan budidaya seperti menggenjot produktivitas ikan air tawar agar stok ikan terus ada di seluruh daerah.

“Sektor perikanan terutama untuk konsumsi memang sudah menjadi kebutuhan pokok di saat permintaan terus mengalir bahkan cenderung naik terus. Baik permintaan untuk kebutuhan pasar dalam negeri maupun pasar luar negeri, oleh karenanya produksi terus kita tingkatkan” ujar Dirjen Tebe.

Baca Juga :   Luar Biasa, Potensi Besar Perikanan Di Provinsi Sulawesi Tengara

Selain itu, Dirjen Tebe mengatakan untuk memacu produksi budidaya ikan air tawar, KKP terus memberikan stimulan program bantuan untuk kelompok kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) di daerah agar terus menggeliat budidaya ikan air tawar sehingga produksi bisa terus ditingkatkan.

Seperti di Subang ini, KKP telah memberikan bantuan seperti calon induk ikan unggul, benih ikan bermutu dan sarana prasarana untuk para pokdakan.

Lebih jauh, KKP juga terus mendukung para pembudidaya seperti memberikan pendampingan dan bimbingan teknis budidaya ikan dengan mendorong para pembudidaya menerapkan CPIB, CBIB, dan CPPIB.

“Program bantuan seperti ini sebagai wujud meningkatkan produktivitas para pembudidaya sehingga mereka bisa terus memacu produksinya,” jelas Tebe.

Baca Juga :   Penebaran Ribuan Benih Ikan, Ramaikan Malam Tahun Baru 2024 Di BKT Jakarta

Sementara itu, Kepala Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi, Fernando J. Simanjuntak menyampaikan BBPBAT Sukabumi sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya yang terdekat dengan Subang, siap mendukung peningkatan produksi budidaya ikan air tawar seperti stimulan bantuan induk unggul dan benih ikan bermutu.

“BBPBAT Sukabumi siap untuk selalu hadir melaksanakan fungsi di masyarakat sebagi pusat pendampingan teknis dan pusat inovasi teknologi dan balai kami sangat terbuka bagi para pembudidaya yang membutuhkan pelayanan. Komoditas unggulan ikan mas dan nila merupakan salah satu komoditas unggulan yang kami budidayakan di BBPBAT Sukabumi. Kami siap memproduksi induk ikan mas dan nila yang berkualitas dan nantinya bisa meningkatkan keuntungan dan kesejahteraan pembudidaya,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.