Fakta Unik Andaliman, Tumbuhan Rempah Endemik Indonesia

oleh -125 views
istockphoto-913375604-170667a
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Indonesia merupakan negara yang kaya akan tumbuhan yang salah satunya tumbuhan andaliman. Jenis tumbuhan ini cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai tumbuhan rempah.

Keberadaan tumbuhan rempah ini banyak digunakan oleh kalangan masyarakat sebagai bumbu penyedap rasa masakan nusantara. Meski begitu, tumbuhan ini memiliki fakta unik yang sangat jarang diketahui. Adapun fakta unik tersebut yang diantaranya.

Berpotensi Mengawetkan Masakan

Tumbuhan ini memang sudah banyak dikenal sebagai bumbu penyedap rasa. Namun, disamping itu tumbuhan ini juga disinyalir memiliki potensi dapat mengawetkan berbagai macam jenis masakan. Pasalnya, tumbuhan ini memiliki kandungan glikosida yang cukup tinggi. Selain itu, tumbuhan ini juga mengandung tannin, saponnin yang memiliki khasiat sebagai pengawet alami. Hal ini jadi salah satu fakta unik tumbuhan andaliman.

Baca Juga :   Kemuning, Tanaman Asli Asia Dengan Buahnya Banyak Manfaat

Rasanya Cenderung Mirip Jeruk

Andaliman merupakan salah satu tumbuhan yang termasuk ke dalam suku jeruk-jerukan, sehingga tak heran lagi andaliman memiliki cita rasa seperti jeruk. Selain itu, cita rasa jeruknya pun cenderung kuat, sehingga ini jadi fakta unik dari tumbuhan rempah andaliman khas Indonesia ini.

Kaya Manfaat

Tak hanya digunakan sebagai penyedap rasa pada masakan, keberadaan andaliman juga memiliki sederet manfaat untuk kesehatan. Pasalnya, tumbuhan andaliman terdapat kaya akan kandungannya seperti zat besi, zinc, hingga beberapa vitamin. Selain itu, andaliman juga juga memiliki senyawa antioksidan yang cukup tinggi, sehingga tumbuhan ini bermanfaat untuk kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.