Tanaman Selada Terserang Hama, Begini Tips Mudah Mengatasinya

oleh -5 views
fresh-green-lettuce-marble-background-high-quality-photo_114579-27109
Foto : Freepik

Panennews.com – Dalam menanam dan membudidayakan tanaman selada, ada saja hama yang menyerang tanaman sayur tersebut. Biasanya hama yang dapat menyerang tanaman ini meliputi kutu, ulat, hingga jenis serangga lainnya.

Jika selada terkena serangan hama, tentunya akan mengurangi produktivitasnya hingga menyebabkan gagal panen. Oleh sebab itu, ada beberapa tips dalam mengatasinya.

Adapun tips dalam mengatasi selada terserang hama, salah satunya dengan menggunakan pestisida. Cairan pestisida cukup ampuh dalam mengatasi berbagai serangan jenis hama.

Pasalnya, cairan ini mengandung sejumlah nutrisi dan senyawa zat kimia yang dapat membasmi segala jenis hama. Oleh sebab itu, semprotkan pestisida pada bagian selada yang terserang hama dengan dosis yang tepat.

Baca Juga :   Hama Penyakit Yang Kerap Menyerang Tanaman Jahe, Apa Saja?

Selain itu, berikan juga pupuk dengan kandungan unsur hara yang tinggi. Pasalnya, pupuk yang mengandung unsur hara bukan hanya memberikan kesuburan lebih pada jenis media tanamnya.

Namun, juga dapat mengatasi dan membasmi serangan hama pada tanaman selada. Oleh sebab itu, segera berikan pupuk dengan kandungan unsur hara yang tinggi.

Lebih lanjut, biasanya pemberian pupuk tersebut dapat diberikan pada kurun waktu yang berkisar antara 2 bulan 1 kali. Namun, untuk hasilnya yang lebih maksimal biasanya pupuk tersebut antara 1 kali 1 bulan.

Baca Juga :   3 Jenis Buah Salak ini Sangat Bagus Untuk Dibudidayakan

Lebih jauh, penyiraman secara teratur juga dapat menjadi tips ampuh dalam membasmi hama pada tanaman selada. Biasanya dalam penyiraman ini memberikan manfaat untuk menyuburkan tanah dan juga membasmi hama.

Oleh sebab itu, siramilah secara teratur tanaman selada untuk mencegah dan membasmi hama yang menempel pada permukaan hingga seluruh bagian tanaman sayur tersebut.

Tak hanya itu, jagalah selalu juga kebersihan pada media tanam selada. Pasalnya, menjaga kebersihan ini begitu amat penting dalam mengantisipasi serangan hama datang pada tanaman selada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.