Gajahan Timur, Spesies Burung Berparuh Panjang

oleh -490 views
istockphoto-1283872330-170667a
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Gajahan timur merupakan salah satu spesies burung yang keberadaannya menyebar luas ke sejumlah wilayah dunia. Biasanya habitat asli dari burung ini dapat mudah ditemukan pada pinggiran pantai.

Burung dengan nama Ilmiah Numenius Madagascariensis ini masih satu golongan dalam famili Scolopacidae. Spesies jenis burung ini berbeda bentuknya dari spesies jenis burung lainnya.

Secara morfologi, burung ini mempunyai bentuk tubuh dengan ukurannya yang cenderung besar, biasanya burung gajahan timur ini memiliki ukuran panjang berkisar antara 60 – 70 cm. Tubuhnya dilengkapi bulu-bulu berwarna coklat, namun terdapat juga corak putih cenderung hitam seperti loreng yang menghiasi bagian permukaan tubuh burung tersebut.

Baca Juga :   Sapi Qurban Jenis Limousin Seberat 1,04 Ton Bantuan Presiden Diserahkan

Selain itu, terdapat kaki burung tersebut berwarna abu-abu pada burung yang terbilang masih muda, sedangkan burung yang tua terdapat kaki berwarna abu tua. Biasanya burung tersebut dapat melindungi diri dari musuh-musuhnya menggunakan kaki yang dilengkapi dengan kuku panjangnya, adapun kuku panjangnya memiliki ukuran berkisar antara 3 cm.

Sementara itu, bobot dari burung tersebut mempunyai berat badan berkisar antara 565 – 1,150 gram. Namun, pada sisi lain juga burung ini terdapat paruh panjang yang tumbuh dengan ukuran paruh 12 – 20 cm, hal tersebut tidak dimiliki oleh spesies burung lain, sehingga burung ini dikenal sebagai burung paruh panjang.  Biasanya paruh tersebut berguna untuk mencari makanan pada pinggiran pantai, serta berkumpul dengan kelompoknya untuk bermigrasi atau beristirahat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.