Banyak Yang Ga Tahu, Ternyata Sagu Bisa Diolah Jadi Kudapan Ini

oleh -68 views
cooked-bread-with-ingredients-eggs-tapioca-flour-cup_1150-22111
Foto : Freepik

Panennews.com – Sagu merupakan salah satu jenis tepung atau olahan yang diperoleh dari batang rumbia atau pohon sagu. Sagu tersebut biasanya menjadi bahan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia bagian timur yaitu Daerah Papua dan Maluku.

Sagu dinilai memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga dapat digunakan sebagai makanan pokok karena sagu tergolong mudah diolah. Namun, banyak dari sebagian masyarakat tengah kebingungan mengolah sagu tersebut, adapun berikut ini ketahuilah sagu bisa dijadikan kudapan seperti.

Bubur

Biasanya bubur menggunakan bahan dasar beras yang diolah menjadi nasi, namun sagu juga bisa diolah menjadi bubur. Dimana dalam penyajian bubur dari sagu tersebut dapat dicampur dengan daun pandan, sehingga bubur tersebut memiliki aroma yang wangi. Selain itu, ditambahkannya juga gula merah untuk menambah cita rasa yang manis dan juga lezat.

Baca Juga :   Tips Mudah Memilih Kacang Hijau Yang Berkualitas Baik

Kue Ongol-Ongol

Kue tradisional ini menggunakan bahan dasar dan material dari tepung sagu, biasanya kue tersebut diolah dengan cara dikukus dan diberikan campuran berupa gula merah, parutan kelapa, dan juga daun pandan. Teksturnya dinilai kenyal, sehingga memberikan mudah untuk dimakan. Selain itu, cita rasanya pun tergolong lezat dan juga memiliki rasa manis.

Nugget

Selain bisa diolah menjadi kue tradisional, sagu pun dapat diolah menjadi kudapan kekinian berupa nugget. Biasanya nugget menggunakan bahan baku berupa tepung terigu, namun sagu pun bisa diolah menjadi nugget dengan cita rasanya yang khas. Selain itu, sagu juga dinilai lebih awet dibandingkan menggunakan bahan dasar lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.