Benarkah Ampas Kelapa Bisa Jadi Pakan Ternak

oleh -957 views
Heap of Grated Coconut (close-up shot) on wooden background
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Ampas kelapa merupakan salah satu limbah dapur rumah tangga yang berasal dari buah kelapa. Biasanya ampas kelapa tersebut telah diambil santannya dan digunakan sebagai campuran bahan masakan nusantara.

Saat ini, oleh kebanyakan orang mengenal ampas kelapa tersebut dapat digunakan sebagai pupuk penyubur tanah pada tanaman. Namun, pada sisi lain ampas kelapa juga dinilai bermanfaat untuk berbagai jenis unggas dan hewan ternak.

Secara umum, ampas kelapa tersebut dipercayai mengandung beberapa gizi dan nutrisinya yang tergolong banyak seperti karbohidrat, serat halus, serat kasar, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, lemak jenuh, dan juga lemak nabati. Kandungan nutrisi tersebut dalam ampas kelapa dinilai mempunyai masing-masing kadar yang cenderung sangat tinggi, sehingga cocok untuk pakan ternak.

Baca Juga :   Kontes Kambing Etawa Di Rembang, Jadi Momen Peternak Tingkatkan Kualitas Kambingnya

Selain itu, ampas kelapa juga mengandung beberapa mineral selulosa, hemiselulosa, dan lignin yang merupakan komponen utama pada ampas kelapa tersebut. Di sisi lain juga ampas kelapa mengandung magnesium, kalium, dan juga antioksidan, kandungan tersebut diatas menjadikan ampas kelapa bisa jadi pakan ternak karena mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan ternak.

Sementara itu, pemanfaatan ampas kelapa yang dijadikan untuk pakan ternak terlebih dahulu diproses menggunakan sistem dan cara fermentasi. Hal tersebut dilakukan karena untuk menjaga senyawa komplek menjadi lebih sederhana, sehingga kandungan-kandungan yang terdapat dalam ampas kelapa tidak berubah.

Baca Juga :   Jenis Limbah Ini Bisa Jadi Pakan Alternatif Hewan Ternak

Lebih lanjut, penggunaan ampas kelapa untuk pakan ternak dinilai bagus dan juga ampas kelapa dapat memenuhi asupan gizi dan nutrisi pada hewan ternak, unggas, maupun hewan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.