Pisang Kipas, Tanaman Eksotis Cocok Untuk Pekarangan Rumah

oleh -360 views
fan lone palm tree on the background of gloomy grey sky
Foto : Pixabay

Panennews.com – Pisang kipas merupakan salah satu tanaman hias berbuah yang biasanya tumbuh dengan bentuknya yang unik. Tanaman tersebut dapat kita temukan pada kawasan wilayah iklim tropis maupun sub tropis.

Tanaman dengan nama Ilmiah Revenala Madagascariensis ini masih termasuk anggota dari suku pisang-pisangan. Di sisi lain, pisang kipas tersebut banyak orang mengenalnya dengan sebutan tanaman pisang madagaskar.

Secara morfologi, tanaman pisang ini mempunyai bentuk yang cenderung unik serta khas dibandingkan jenis tanaman pisang lainnya, biasanya tanaman pisang kipas ini dapat tumbuh dengan ketinggian 2 meter panjangnya. Adapun tanaman ini juga dilengkapi dengan akar serabut serta rimpang dan akarnya tidak memiliki akar tunggang seperti jenis tanaman lain.

Baca Juga :   Mentimun, Sayuran Segar Bergizi Lengkap

Selain itu, terdapat juga batangnya berbentuk bulat silindris serta berlapis-lapis dan biasanya batang tersebut terbagi menjadi dua bagian yaitu batang asli dengan batang palsu. Adapun batang asli terdapat pada bagian dalamnya, sedangkan yang disebut batang palsu terdapat pada bagian depannya.

Sementara itu, pada batangnya terdapat selingan daun yang sangat unik dan cenderung khas, daunnya berukuran besar cenderung memanjang dengan ukuran yang berkisar antara 1 – 2 meter yang dilengkapi warna hijau terang pada saat daun mudanya, sedangkan daun tua terdapat warna hijau gelap. Namun uniknya, daun tersebut tumbuh ke atas dan cenderung mirip dengan kipas.

Baca Juga :   Kementan Dorong Tanaman Hias Jadi Komoditas Unggulan Ekspor

Lebih lanjut, dari keunikannya tersebut oleh sebagian orang mengenal tanaman ini dengan sebutan tanaman eksotis, sehingga tanaman ini dinilai sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias pada pekarangan rumah maupun depan rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.