Jenis Limbah Ini Bisa Jadi Pakan Alternatif Hewan Ternak

oleh -27 views
istockphoto-1246437509-170667a
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Limbah merupakan salah satu benda sisa hasil produksi alam maupun kegiatan manusia. Biasanya sebagian masyarakat menangani sisa limbah tersebut dengan membuangnya dan juga digunakan sebagai pupuk organik.

Namun, siapa sangka limbah tersebut memiliki potensi besar sebagai pakan alternatif hewan ternak. Karena limbah ini mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan ternah seperti protein, serat, maupun vitamin. Dengan begitu, ketahuilah beberapa jenis limbah yang bisa jadi pakan alternatifnya.

Jerami Padi

Limbah tersebut mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga limbah ini dinilai dapat menjadi pakan alternatif hewan ternak. Selain itu, jerami padi juga mengandung unsur protein yang dapat memenuhi nutrisi bagi hewan ternak ruminansia. Oleh karena itu, jenis limbah jerami padi ini memiliki potensi besar untuk pakan alternatif hewan ternak.

Baca Juga :   Anis Merah Burung Kicau Yang Menawan

Pelepah Sawit

Limbah sisa pertanian kelapa sawit berupa pelepah daun dan pelepah sawitnya dapat dimanfaatkan sebagai pakan alternatif hewan ternak. Pasalnya, pelepah sawit tersebut mengandung serat kasar yang tentunya baik untuk produktifitas hewan ternak. Selain itu, limbah pelepah sawit juga dapat bermanfaat untuk sumber nutrisi pada hewan ternak.

Kulit Kopi

Walaupun sebagian besar limbah ini digunakan sebagai pupuk organik, namun pemanfaatan limbah ini juga bisa dimanfaatkan untuk pakan alternatif hewan ternak. Limbah kulit kopi kopi ini mengandung protein dan serat kasar yang cukup tinggi, sehingga dapat menutrisi hewan ternak. Selain itu, limbah kulit kopi pun dipercayai dapat meningkatkan produktivitas hewan ternak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.