Kontes Kambing Etawa Di Rembang, Jadi Momen Peternak Tingkatkan Kualitas Kambingnya

oleh -65 views
Ilustrasi Kambing Etawa
Ilustrasi Kambing Etawa - Foto : Pinterest

Panennews.com – Ratusan peternak kambing etawa berkumpul di Desa Kabongan Lor Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang. Mereka mengikuti Kontes Kambing Etawa Gus Hanies Cup, Rabu (29/11/2023).

Ada kurang lebih seribu kambing yang ikut serta dalam lomba tersebut. Para peserta kontes ini ternyata tak hanya diikuti oleh peternak di Jawa Tengah saja, tetapi juga dari Provinsi Jawa Timur seperti Pacitan.

Dalam penilaian lomba tersebut, ada beberapa indikator. Meliputi postur tubuh, kelincahan kambung tersebut, hingga warna bulu kambing.

Adapun Eko Subagyo, Ketua Panitia kontes menuturkan acara tersebut diikuti sekitar 200 peserta. Lomba itu dibagi beberapa kategori berdasarkan jenis kelamin dan usia kambing

Baca Juga :   Mentan: Pasokan Bahan Pokok Aman Harga Stabil Jelang Lebaran

Selain lomba kambing etawa, dalam acara tersebut juga dilaksanakan festival ternak dan berkumpulnya segala jenis hewan ternak pada festival tersebut.

“Festival ternak meliputi semua jenis kambing. Untuk yang dikonteskan itu jenis Ras Kaligesing,” tuturnya.

Lebih lanjut, pesertanya dari Rembang, Tuban, Gresik, Lamongan, Pati, Jepara ada juga dari Jawa Timur, salah satunya dari Pacitan.

Sementara itu, Wakil Bupati Rembang, Muhammad Hanies Cholil Barro’, berharap ke depan acara ini bisa digelar dengan skala yang lebih besar. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang juga berencana mendukung acara tersebut.

Baca Juga :   Hewan Sapi Tidak Mau Makan, Ternyata Ini Penyebabnya

“Dengan persiapan yang matang. Nanti kami mulai rencanakan untuk kegiatan semacam ini di tahun depan.”

Dengan adanya event seperti ini, Ia merasa optimistis, peternakan di Rembang bisa lebih berkembang lagi. Selain itu , kontes ini bisa menjadi motivasi para peternak untuk meningkatkan kualias kambingnya.

“Potensi ekonomi juga ada di sini, dan itu berbanding lurus dengan ketertarikan akan ternak,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.