Temu Ireng, Tanaman Rempah Penuh Khasiat

oleh -289 views
istockphoto-962267690-612x612
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Temu ireng merupakan salah satu jenis tanaman rempah yang telah banyak dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat. Tanaman ini dengan rimpangnya dapat berguna untuk pengobatan tradisional.

Temu ireng tersebut mempunyai nama Ilmiah Curcuma Aeruginusa Roxb ini masih termasuk dalam famili anggota temu lainnya yaitu temulawak, kunyit, jahe, kencur, dan lengkuas.

Secara umum, temu ireng keberadaannya dapat tumbuh subur di Tanah Air dan menyebar diberbagai wilayah-wilayah tropis. Tanaman tersebut mempunyai tinggi yang mencapai kisaran antara 1 – 1,5 meter dan lebar rumpun yang berkisar 26 cm dengan permukaan daunnya cenderung melebar.

Baca Juga :   Sebelum Dibudidayakan, Ketahui Dulu Syarat Tumbuh Bunga Kertas

Tanaman tersebut dilengkapi dengan daun berwarna ungu cenderung hitam dengan pinggiran daun merata, sedangkan ukuran daun tersebut mencapai kisaran 39 cm dengan lebar 16 cm.

Selain itu, tanaman tersebut terdapat rimpang berwarna putih dan berbentuk cenderung mirip dengan cincin. Adapun jumlah rimpang tersebut berkisar 9 buah yang terdapat pada rimpang muda, sedangkan rimpah tuanya terdapar kisaran 5 buah dengan warnanya cenderung berbeda.

Sementara itu, rimpang pada temu ireng ini mengandung beberapa komponen utama yang diantaranya mineral, minyak atsiri, lemak, damar, dan kurkunin yang dinilai bermanfaat bagi kesehatan tubuh serta mempunyai potensi tak kalah manfaatnya oleh jenis rimpang dan rempah lain.

Baca Juga :   Ketahui Jenis Buah Yang Berkhasiat Menurunkan Kadar Kolesterol

Lebih lanjut lagi, rimpang temu ireng tersebut dapat memberikan efek reda terhadap penyakit dan dinilai sebagai rimpang penuh dengan khasiatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.