Mengenal Kemukus, Tanaman Herbal Dengan Aroma Harum

oleh -209 views
A small melon plant which is growing on rural ground.
Foto : Pixabay

 Panennews.com – Tanaman kemukus merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat tumbuh subur pada daerah wilayah iklim tropis. Tanaman tersebut biasanya dapat ditemukan pada kebun-kebun yang terawat.

Kemukus ini mempunyai nama Ilmiah Puper Cubeba L yang masih satu kerabat dengan keluarga daun sirih. Tanaman ini pun juga dikenal mempunyai bau yang harum sama dengan tanaman herbal lainnya, namun harumnya tersebut terdapat pada bunganya.

Secara morfologi, kemukus tersebut mempunyai batang yang panjangnya berkisar antara 6 meter dengan dilengkapi ranting dikanan dan kiri. Tanaman ini juga terdapat daun berwarna hijau pada daun mudanya, sedangkan daun tua berwarna cenderung hijau kecoklatan.

Baca Juga :   Pecinta Tanaman Herbal Dalam Rumah, Kenali Jenis Tanaman Herbal Yang Cocok Ini

Selain itu, tanaman ini pun pada musim penghujan terdapat buah yang dapat tumbuh banyak pada ranting yang diselingi oleh daun. Adapun buahnya dapat berkhasiat sebagai pengobatan kesehatan dan alat kecantikan dengan kandungan pada buahnya tersebut.

Sementara itu, adapun buah tersebut juga terdapat bunga yang berciri khas putih dengan putik serbuk 6 tangkai. Biasanya bunga tersebut pun mempunyai manfaat sebagai bahan dasar pembuatan minyak atsiri, karena buahnya ini mengeluarkan aroma yang harum. Biasanya aroma harum tersebut yang menjadi karakter tanaman herbal ini.

Baca Juga :   Kemayau, Buah Unik Lokal Khas Kalimantan Yang Hampir Punah

Lebih lanjut, kemukus ini dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat dengan sebutan tanaman herbal yang mempunyai aroma harum dan berciri khas, oleh karena daun dan bunganya yang punya karakter harum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.