Penyebab Daun Aglaonema Layu, Begini Cara Mudah Mengatasinya

oleh -4 views
Ilustrasi Tanaman Hias Aglaonema (Sri Rejeki) - Foto : Southernliving

Panennews.com – Aglaonema sudah cukup populer sebagai tanaman hias dengan bentuknya yang indah. Terlepas dari keindahannya, tanaman ini tak luput dari daun yang layu.

Daun aglaonema yang layu, bukan tanpa sebab. Melainkan ada beberapa penyebab yang membuat daun dari tanaman hias ini layu.

Adapun salah satu penyebabnya yaitu penyiraman kurang tepat. Sedikit air yang menyirami aglaonema ini bisa menyebabkan daun aglaonema mengalami kelayuan dengan intensitas yang serius.

Pasalnya, daun aglaonema tidak terserap oleh air dan kehilangan makanan cadangannya. Dampak buruk dari hal tersebut biasanya daun aglaonema dalam waktu dekat akan layu dengan sendirinya.

Baca Juga :   Prospek Mangga Cengkir Di Subang, Buah Laris Hingga Pasar Ekspor

Selain itu, pencahayaan yang kurang tepat juga bisa menyebabkan daun aglaonema layu. Mengingat, aglaonema merupakan jenis tanaman yang butuh asupan sinar matahari secara langsung.

Lebih lanjut, jika aglaonema tidak terkena sinar matahari tentunya akan menganggu proses fotosintesis pada daun. Dengan begitu, daun aglaonema bisa layu dengan cepat.

Lebih jauh, penyebab selanjutnya yaitu daun aglaonema terserang hama penyakit. Hama tersebut biasanya bisa menggerogoti bagian permukaan daun, sehingga daun tersebut menjadi layu.

Sementara itu, cara mengatasi jika daun aglaonema mengalami kelayuan yaitu siramlah aglaonema secara teratur. Biasanya penyiraman dapat dilakukan pada kisaran waktu 3 kali 1 hari, sehingga daun tersebut segar kembali.

Baca Juga :   Agar Produksi Melimpah, Kementan Kawal Komoditas Pangan Strategis

Tak hanya itu, simpan juga aglaonema pada ruang yang terkena sinar matahari. Hal ini dilakukan agar memudahkan proses fotosintesis pada daun, sehingga daun itu tetap tumbuh segar dan terhindar dari kelayuan.

Semprotkan pestisida dan gunakan sebaik mungkin, hal ini agar daun aglaonema terhindar dari serangan hama serta penyakit yang bikin layu daun tanaman hias ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.