Bunga Rosella, Tanaman Berwarna Ciamik Bahan Baku Obat Tradisional

oleh -8 views
istockphoto-2149459512-612x612
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Bunga rosella merupakan salah satu jenis tanaman berbunga yang banyak tumbuh pada wilayah iklim tropis. Jenis tanaman ini biasanya tersebar hingga ke seluruh penjuru dunia.

Spesies bunga yang berasal dari benua Afrika ini mempunyai nama Ilmiah Hibiscus Sabdariffa yang masih tergabung ke dalam suku famili dari Malvaceae.

Secara morfologi, tanaman rosella dapat tumbuh tinggi hingga mencapai ukuran kisaran antara 1 – 3 meter. Batangnya bulat dengan tekstur berkayu cenderung tegak, warna batang tersebut yaitu cokelat kemerahan.

Sedangkan daunnya bersifat tunggal dengan bentuk seperti bulat telur, biasanya daun tersebut mempunyai ukuran panjang berkisar antara 6 cm dengan lebarnya hingga mencapai 5 – 8 cm.

Baca Juga :   Meski Tampilannya Kecil, Buah Cermai Punya Manfaat Besar Bagi Kesehatan

Selain itu, tanaman ini juga mempunyai bunga yang tumbuh secara subur pada bagian sela-sela batang hingga daunnya. Bunga tersebut berwarna merah cenderung cerah hingga memancarkan aura ciamik.

Lebih lanjut, varietas bunga tersebut mempunyai 4 kelopak bunga pada permukaan bagian depan. Sedangkan bagian dalamnya terdapat serabut putik yang jumlahnya berkisar lebih dari 10 serabut putik.

Sementara itu, bunga yang kerap jadi sebutan sebagai bunga rosella ini dengan kelopaknya mempunyai banyak manfaat seperti pewarna makanan hingga bermanfaat sebagai pengobatan alternatif.

Baca Juga :   Bupati Tabanan Kenalkan Sorgum pada Petani Sebagai Alternatif Tanaman Pangan Varian Bar

Lebih jauh, kandungan serabut bunga rosella ini biasanya meliputi senyawa nutrisi penting hingga berbagai jumlah vitamin yang cukup bermanfaat.

Adapun kandungan senyawa nutrisi penting tersebut berupa tannin, saponnin, protein, karbohidrat, hingga betacarotein. Bahkan, bunga ini pun juga terdapat vitamin seperti B12 hingga B2.

Oleh karena kandungan nutrisi hingga vitamin yang banyak tersebut, sebagian kalangan masyarakat tengah mengkonsumsinya. Terlebih, bunga tersebut diyakini sebagai bahan baku obat tradisional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.