Fakta Menarik Gurita, Biota Laut Punya Tiga Jantung Dan Sering Berkamuflase

oleh -197 views
OCTOPUS VULGARIS
Foto : Pixabay

Panennews.com – Gurita seperti yang sudah kita kenal sebelumnya, merupakan salah satu biota laut dengan bentuk tubuhnya kaki terletak dikepalanya. Biasanya gurita tersebut dapat kita temukan pada perairan tropis hingga wilayah kutub.

Gurita mempunyai fakta menarik salah satunya punya tiga jantung yang membantunya memompa darah ke semua organ-organnya. Hal ini tidak terdapat pada biota laut lainnya, adapun fakta menarik lainnya yang diantaranya.

Tubuh Lunak

Sebagian spesies gurita mempunyai tubuh dengan teksturnya cenderung lunak yang tidak dimiliki oleh spesies lain. Selain itu, gurita pun tidak memiliki cangkang keras sehingga sebagian besar tubuhnya mempunyai tubuh lunak.

Baca Juga :   4 Fakta Menarik Kayu Jati, Kayu Primadona Sepanjang Masa

Berumur Pendek

Gurita tersebut masuk dalam kategori hewan unik dan indah yang keberadaannya pun mampu menghiasi laut. Namun, sangat disayangkan gurita ini mempunyai umur yang tergolong pendek dengan umurnya 12 bulan, pada bulan ke 13 biasanya gurita tersebut akan mati dengan tubuhnya membeku.

Senang Berjalan

Fakta menarik lainnya yaitu gurita senang berjalan daripada berenang, hal ini pun menjadi salah satu ciri khas gurita. Selain itu, gurita pun dapat berjalan jauh meninggalkan habitatnya tanpa berenang.

Pandai Berkamuflase

Baca Juga :   Fakta Menarik Kayu Eboni, Kayu Langka Hutan Sulawesi

Tidak banyak hewan air yang mempunyai kemampuan berkamuflase, namun gurita mempunyai kemampuan berkamuflase secara lebih. Seperti halnya bunglon, gurita dapat berkamuflase pada lingkungan dengan mengubah warnanya menyerupai karang, tumbuhan, atau pun bebatuan dalam waktu cenderung singkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.