Tips Mudah Merawat Kaktus Agar Tidak Mati, Cocok Untuk Pemula

oleh -202 views
cactus-4161381_640
Foto : Pixabay

Panennews.com – Tanaman kaktus seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, merupakan salah satu jenis tanaman hias dengan bentuk tubuhnya dilengkapi duri. Tanaman tersebut biasanya dapat kita jumpai pada daerah gurun pasir atau daerah panas.

Kaktus dapat tumbuh dalam waktu yang cenderung lama tanpa air, hal tersebut menjadikan salah satu kaktus ini tergolong mudah dalam merawatnya. Meskipun begitu, jika perawatannya tidak tepat biasanya akan menghambat pertumbuhan kaktus sehingga kaktus tersebut bisa cepat mati.

Adapun dengan tips mudah perawatan kaktus ini bisa dilakukan agar tidak cepat mati diantaranya dengan tidak sering menyiramnya. Penyiraman ini merupakan salah satu faktor utama dalam perawatan kaktus, namun penyiraman tersebut dilakukan dalam waktu yang idealnya 3 hari sekali.

Baca Juga :   5 Fakta Unik Kopi Kelas Premium Dari Kemanunggalan TNI AU Dengan Masyarakat

Selain itu, kaktus pun harus terkena sinar matahari yang dinilai cukup karena habitat asli kaktus ini berada ditempat panas dan kering. Letakkan kaktus ditempat yang terang serta berventilasi udara baik, hal tersebut dilakukan agar kaktus terkena paparan sinar matahari cukup.

Sementara itu, perhatikanlah jenis tanah pada tanaman kaktus dan umumnya jenis tanah yang dinilai cocok untuk kaktus biasanya berpasir dan berkerikil. Jenis tanah tersebut mempunyai kemampuan untuk tidak menggumpal dan mempunyai drainese air cukup baik.

Baca Juga :   Agar Buah Semangka Tetap Segar, Begini Tipsnya Menyimpan Semangka

Lebih lanjut lagi, berikanlah pupuk yang dapat meningkatkan kesuburan pada kaktus agar terhindar dari serangan layu yang cenderung akan mati. Biasanya pupuk digunakan pada kaktus dengan mengandung tiga unsur hara yaitu nitrogen, fosfor, dan kalium.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.