Mengenal Burung Tledekan dan Karakteristiknya

oleh -24 views
Burung Tledekan
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Tledekan merupakan sejenis burung kicau yang mudah ditemui di daerah pegunungan. Burung ini banyak dibudidayakan karena memiliki suara yang unik. Anda yang tertarik untuk memelihara burung kicau yang berbeda, bisa mencoba jenis burung ini.

Nama latin tledekan adalah Cyornis banyumas. Ukuran tubuhnya sedang, yakni sekitar 14 sampai 16 cm untuk satu ekornya. Sedangkan berat maksimalnya hanya sekitar 17 gram. Terdapat perbedaan yang mencolok antara pejantan dan betinanya.

Kombinasi warna burung ini adalah warna biru tua, dengan warna coklat atau hitam. Jantan memiliki campuran bulu biru gelap untuk warna tubuhnya, sedangkan betina berwarna kecoklatan. Makanannya adalah serangga dan kumbang.

Baca Juga :   Ruak-ruak Truwok, Burung Sawah Dengan Suara Khas

Bulan Maret sampai Juli adalah saat yang tepat untuk memelihara burung tledekan, sebab pada saat itu mereka sedang musim kawin. Ketika bertelur, burung betina tidak akan bertelur lebih dari lima butir, dan akan dierami selama 18 hari, sebelum kemudian menetas dan menjadi anakan.

Anda bisa menemui burung ini di Pulau Jawa dan Kalimantan, dimana hutan dan gunungnya masih lebat dan asri. Ia seringkali berada di dataran rendah dan sedang, maksimal bisa ditemui di ketinggian 1.300 mdpl.

Baca Juga :   Mengenal Sapi Limousin, Sapi 'Monster' yang Mendunia

Tledekan terkenal karena memiliki suara yang merdu dan menjadi burung kicau yang banyak dipelihara. Anda harus merawatnya dengan baik agar ia mampu mengeluarkan kicauan secara maksimal, panjang, dan indah.

Komentar