Cegah Rabies, Pemprov DKI Lakukan Pengendalian Populasi Kucing

oleh -21 views
Kucing Pesia
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Pemprov DKI) melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan menggelar sterilisasi kucing gratis.

Adapun sterilisasi itu berada di Balai Benih Ikan (BBI) Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa. Sterilisasi ini bertujuan mengendalikan populasi kucing.

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Hasudungan A Sidabalok mengatakan, kucing yang disterilisasi harus dalam keadaan sehat, berusia minimal delapan bulan, dan tidak sedang hamil.

“Hari ini ada 150 kucing disterilisasi dengan rincian 115 ekor kucing jantan dan 35 ekor kucing betina,” ujarnya, Kamis (25/01/2024).

Hasudungan menjelaskan, dalam kegiatan ini dilibatkan sebanyak 12 dokter hewan dan empat paramedik veteriner dari beberapa klinik hewan seperti, Yayasan Peduli Lingkungan Indonesia (YPLI), Pet Love Center Pet Family, Gege Cat Clinic, Kimara Pet Shop & Vet, Smile Animal Clinic dan Animal Care.

“Selain sterilisasi, untuk mendukung gizi hewan, kita juga bersinergi dengan Purina Pro Plan, Whiskas, Amity, Bravery NBBC Merch, Goodspaw Shampoo, Smart Heart untuk memberikan pakan kucing secara gratis,” terangnya.

Baca Juga :   Kolibri, Burung Hias Primadona yang Ada di Belahan Dunia

Hasudungan menjelaskan, jumlah kucing yang disterilisasi di Jakarta Selatan saat ini sudah mencapai 1.104 ekor terdiri dari 793 ekor jantan dan 311 ekor betina.

“Pencapaian ini sungguh luar biasa, padahal target kita 1.000 ekor kucing di 10 kecamatan. Antusiasme masyarakat sangat tinggi,” bebernya.

Ia menambahkan, dalam upaya menekan angka populasi kucing, Suku Dinas KPKP Jakarta Selatan akan terus melakukan edukasi kepada warga pemilik hewan peliharaan untuk selalu bertanggung jawab menjaga kesehatan hewan yang dipelihara maupun dirinya sendiri.

Baca Juga :   Cara Bikin Jamu Empon-Empon Untuk Hewan Ternak

“Program sterilisasi kucing ini masih akan terus berlanjut. Saya ucapkan terima kasih kepada pemilik kucing yang sudah peduli akan kesehatan hewan dan dirinya,” ungkapnya.

Sementara itu, Warga Lenteng Agung, Laila menuturkan, dengan adanya sterilisasi kucing gratis ini memudahkan pemantauan kesehatan dan populasi kucing yang ia miliki.

Ia berharap, kegiatan sterilisasi kucing ini dapat terus dilakukan mengingat pertumbuhan populasi kucing biasa terjadi sangat cepat. Terlebih, kucing merupakan hewan penular rabies.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.