Jamur Truffle, Jamur Mahal Incaran Banyak Orang

oleh -448 views
Jamur Truffle
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Salah satu jamur yang terkenal dengan harga fantastis adalah jamur Truffle. Berbeda dengan jamur pada umumnya, jamur jenis ini hanya bisa tumbuh di bawah tanah. Selain itu, alasan jamur jenis ini banyak diburu adalah rasa umaminya lezat yang membuat rela orang-orang untuk merogoh kantong dompetnya.

Bentuk fisik jamur jenis ini termasuk bagian dari jamur Ascomycetes yang membesar dan tergabung dalam satu spesies jamur tipe genus. Nama latin jamur jenis ini adalah Tuber Melanosporum yang penyebaran sporanya melalui hewan pemakan jamur atau disebut fungivora.

Baca Juga :   Kenali Temulawak Tanaman Obat Tradisional

Ciri dominan yang bisa Anda lihat dari jamur Truffle ini adalah bentuknya mirip dengan buah leci. Akan tetapi, permukaannya bertekstur kasar dan berwarna hitam. Rasa dari jamur ini mampu meningkatkan cita rasa makanan yang sangat memuaskan.

Masa panen dari jamur jenis ini relatif lama. Anda membutuhkan tanaman pohon oak yang sudah berumur sekitar 10 tahun untuk memanen jamur jenis ini yang tumbuh dengan bersarang di akar tanaman pohon oak.

Daerah yang cocok untuk ditanami jamur jenis ini adalah daerah dengan kadar air yang cukup. Jamur jenis ini tidak bisa tumbuh di ruang terbuka, melainkan dalam kegelapan. Biasanya jamur jenis ini akan tumbuh secara liar dengan menginangi akar pohon.

Baca Juga :   Cara Mudah Menanam Tomat Pada Media Pot

Membudidayakan jamur Truffle tidaklah mudah, namun apabila Anda berhasil maka keuntungan yang didapat akan besar. Jamur jenis ini banyak digunakan untuk menambah rasa umami pada makanan dan menambah selera makan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.