Kakatua, Burung Dengan Paruh Yang Khas

oleh -5 views
Kakatua
Foto : Flickr/Nieminski

Panennews.com – Sedari kecil, kita telah dikenalkan dengan lagu Burung Kakatua. Lagu ini mengiring masa kecil anak Indonesia dalam mengenal satwa. Hewan ini dikenal sebagai burung yang pandai bicara.

Kakatua adalah burung hias yang termasuk dalam famili Cacatuidae. Namanya sendiri diambil dari bahasa Indonesia, kakaktuwah yang berarti pegangan dari paruh yang kuat. Dalam bahasa Belanda disebut dengan istilah keketoe.

Secara umum, fisik burung ini dapat dibedakan dari paruh khasnya. Selain itu kakinya juga memiliki perbedaan dengan susunan jari yang menyilang. Dua jari mengarah depan dan dua jari mengarah belakang. Ditambah jambul dan lidah serta warna bulu yang terdiri dari putih merah muda serta hitam.

Baca Juga :   Mengenal Lebih Dekat Dengan Ayam Nunukan

Hewan ini memiliki 2 kali musim kawin dalam setahun, yaitu Januari – Februari dan Agustus – Desember. Pada 1 kali masa kawin, betina akan menghasilkan 1-4 telur. Induk telur akan mengerami telurnya selama 21 hari dan menemani anakan burung selama 7 hari.

Hewan ini tersebar di bagian timur Indonesia, seperti Nusa Tenggara, Sulawesi, Lombok, serta beberapa negara lain di Asia Tenggara dan Benua Australia. Habitat aslinya adalah hutan primer dan hutan sekunder tinggi serta tepi hutan. Burung berada pada ketinggian maksimal 1520 mdpl. Saat ini, burung kakatua termasuk dalam satwa yang dilindungi.

Komentar