Gelorakan Gemar Makan Ikan, Jepara Cetak Rekor Muri Lewat Pindang Serani

oleh -5 views
Rekor Muri untuk sajian menu masakan pindang serani terbanyak
Rekor Muri untuk sajian menu masakan pindang serani terbanyak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. (Panennews.com/Ahmad)

Panennews.com – Kuliner khas Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, Pindang Serani sukses mencatatkan nama dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) dunia.

Tidak kurang dari 9.783 porsi Pindang Serani dihidangkan untuk menjebol rekor dunia di Pendopo RA Kartini, Jumat (26/4/2024).

Diketahui, pindang serani dipilih karena merupakan salah satu makanan khas atau makanan lokal yang ada di Bumi Kartini.

Pindang serani sekilas semacam sup ikan laut berbahan baku ikan pindang. Namun untuk rasa ada ciri khas antara perpaduan pedas dan asam manis yang cocok disajikan di siang hari.

Perwakilan MURI, Sri Widayati mengatakan, acara pemecahan rekor ini dihadiri nyaris 10 ribu warga dengan sajian 9.783 porsi Pindang Serani.

Baca Juga :   Tinjau Pasar Palmerah, Mendag : Harga Cabai Turun, Gula Masih Mahal

“Mewakili Ketua MURI Jaya Suprana, kami umumkan bahwa sajian pindang serani terbanyak yaitu 9.783 porsi resmi tercatat di MURI dunia,” ujarnya usai menyerahkan penghargaan kepada Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta.

Menurutnya, sajian pindang serani terbanyak ini menjadi pertama kali di dunia. Mengingat, kuliner satu ini adalah masakan khas dari Kabupaten Jepara dan tidak ditemukan di daerah lain.

Sebelumnya, Pemkab Jepara mengusulkan 9.200 porsi sajian pindang serani. Namun setelah diverifikasi oleh MURI, jumlahnya sebanyak 9.783 porsi. Pindang serani itu tercatat dalam kategori rekor dunia nomor 11.597.

Pencatatan rekor dunia Indonesia ini, musti menjadi gerakan bersama untuk mencegah stunting. Mengingat ikan memiliki gizi yang cukup untuk mengatasi stunting.

Baca Juga :   Tips Memilih Daging Ayam Kampung Yang Berkualitas Tinggi

Pj Bupati Jepara, Edy Suptriyanta menerangkan, pemecahan rekor MURI merupakan serangkaian peringatan hari Jadi Jepara, termasuk Hari Kartini.

“Terimakasih kepada seluruh masyarakat, OPD (Organisasi Perangkat Daerah), dan pihak terkait sudah membantu kegiatan paling cepat meriah untuk masyarakat,” tuturnya.

Ia menyebut, selain pindang serani, Jepara juga memiliki potensi seperti kopi yang bisa lebih dipromosikan atau sampai dibuat pemecahan rekor MURI.

“Dengan ini agar para ibu-ibu di rumah sering memasak pindang serani. Selain sebagai pengenalan kuliner khas Jepara kepada anak-anak, mengkonsumsi pindang serani juga bisa menekan angka stunting,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.