Jarang Diketahui, Penyebab Bibit Nila Cepat Mati Dan Cara Mengatasinya

oleh -9 views
Ilustrasi Ikan Nila Foto pinterest
Ilustrasi Ikan Nila - Foto : pinterest

Panennews.com – Budidaya ikan nila memang menjadi pilihan banyak orang, karena relatif murah dan cara perawatannya cukup terbilang mudah. Oleh sebab itu, ikan nila saat ini tengah banyak orang membudidayakannya.

Namun, sebagian masyarakat banyak juga yang mengeluh lantaran bibit ikan nila yang cepat mati. Hal itu ada beberapa penyebab bibit ikan nila cepat mati, adapun penyebab tersebut antara lain.

Penyakit

Bibit nila yang terserang penyakit dapat menurunkan produktivitas, sehingga dapat menganggu masa-masa tumbuh kembangnya. Selain itu, bibit nila yang terserang penyakit juga bisa menyebabkan kematian. Adapun cara mengatasinya yaitu dengan memeliharanya secara baik serta lakukan juga pengecekan secara berkala pada kesehatan bibit nila itu sendiri.

Baca Juga :   Komoditas Lele Jadi Primadona Masyarakat, KKP Pacu Produksi Nasional Melalui Sistem Bioflok

Pakan Kurang Tepat

Pemberian pakan yang kurang tepat bisa jadi penyebab bibit nila sering mati. Pasalnya, pakan merupakan hal yang sangat krusial bagi bibit nila. Selain sebagai penambah gizi, pemberian pakan juga sangat mendukung dalam produktivitas hingga tumbuh kembang bibit. Adapun cara mengatasinya yaitu dengan memberinya pakan tepat yang penuh gizi seimbang, agar bibit tersebut tetap sehat dan terhindar dari kematian secara dini.

Cuaca Ekstrem

Faktor cuaca juga kerap jadi penyebab bibit ikan nila cepat mati, biasanya cuaca ekstrem seperti sering hujan yang disertai badai sangat mempengaruhi produktivitas bibit nila. Bahkan, cuaca yang sering hujan pun menjadikan bibit nila cepat mati. Adapun cara mengatasinya yaitu dengan menjaga keasaman air kolam serta menjaga kebersihan kolam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.