Mojokerto Punya Area Sentra Edukasi Dan Pembibitan Tanaman Bambu

oleh -11 views
7a40b11bff899584962e885ae2295c8e
Foto : Dok. Pemprov Jatim

Panennews.com – Pemerintah Kabupaten Mojokerto meresmikan area sentra pembibitan tanaman bambu dan rumah edukasi bambu yang berada di Bukit Suwello, Desa Claket, Dusun Mligi, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto seluas 1,7 hektar.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengharapkan, program sentra pembibitan bambu bisa terus dikembangkan, sehingga Desa Claket bisa menjadi desa pusat pohon bambu yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat serta menjadi sarana edukasi pelajar.

“Ekonomi masyarakat ini juga akan bisa meningkat dengan seiring berkembangnya pohon bambu yang ada di Desa Claket. Maka, hari ini kita bisa kembangkan, membuat kerajinan-kerajinan dari bambu, furnitur-furnitur dari bambu. Anda nanti juga bisa menjual perabot dari bambu, bahkan bibit-bibit ini bisa ditaruh di pinggir jalan untuk dijual,” ucap Bupati Ikfina, Rabu (21/02/2024).

Baca Juga :   Konsolidasi Data Benih Sawit, Upaya Kementan Tingkatkan Komoditas Kelapa Sawit

Diketahui, peresmian area sentra pembibitan bambu dan edukasi bambu yang diinisiasi oleh Yayasan Bambu Lingkungan Lestari (YBLL) dan Multi Bintang Indonesia (MBI) itu, merupakan bentuk revitalisasi desa bambu dan gerakan pelestarian lingkungan dan sumber mata air di Desa Claket.

Selain itu, kegiatan ini menjadi tindak lanjut dari pengembangan pencanangan Desa Claket yang menjadi desa pusat bambu oleh Bupati Ikfina ketika memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021, dengan melakukan penanaman bibit tanaman bambu di Desa Claket bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup serta forkopimca Pacet.

Lebih lanjut, dalam menunjang sebagai tempat edukasi, Bupati Ikfina mengimbau, agar seluruh masyarakat dapat berwisata ke Desa Bambu. Menurutnya, wisata bambu sangat bagus dalam mengedukasi anak-anak serta memiliki karakter kuat dalam melestarikan lingkungan.

Baca Juga :   Trik Ampuh Mengatasi Hama Ulat Pada Tanaman Buah Belimbing

“Maka ini nanti pendidikan bambu, pengelolaan bambu, pemanfaatan pohon bambu. Jadi ini nanti tidak hanya menjadi bagian pelestarian lingkungan namun juga jadi pusat edukasi,” jelasnya.

Sementara itu, Head of Public and Regulatory Affairs MBI, Reka Sadewo mengharapkan, area sentra pembibitan bambu dan rumah edukasi bambu yang baru saja diresmikan dapat memberikan dampak yang positif bagi seluruh masyarakat di Bumi Majapahit.

“Kami harapkan dengan dibukanya sentra edukasi ini akan meningkatkan atau kita bisa mengajarkan teknik bercocok tanam pohon bambu kepada masyarakat, dan pastinya untuk meningkatkan pentingnya konservasi bambu yang ada di Mojokerto,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.