Begini Cara Menghasilkan Bibit Melon Berkualitas

oleh -21 views
Melon
Foto : Getty Images

Panennews.com – Buah melon merupakan salah satu jenis buah yang sangat diminati oleh banyak orang di Indonesia. Buah melon juga memiliki teknik untuk budidaya yang mirip dengan sayuran. Budidaya melon yang baik tentunya akan menghasilkan bibit melon berkualitas.

Untuk melakukan budidaya melon, hal pertama yang dilakukan adalah memilih benih melon yang kualitas baik. Ciri benih yang berkualitas baik adalah benih merupakan jenis hibrida dengan tingkat kemurnian sebesar 95%.

Ciri selanjutnya adalah daya yang dimiliki kecambah minimal sebesar 80%. Benih melon bebas dari biji gulma, benih melon belum melewati masa kadaluwarsa, benih melon tidak memiliki kecacatan, serta benih melon terbebas dari berbagai hama tanaman.

Setelah mendapatkan benih yang baik, lalu benih direndam dalam air hangat (kurang lebih 40 derajat celcius), serta mencampurkan pestisida sesuai dengan kondisi di lapangan selama 4-6 jam. Lalu, benih ditiriskan serta benih diletakkan pada kertas surat kabar yang basah selama 36 jam.

Langkah selanjutnya adalah menanam benih yang sudah diberi perlakuan ke dalam media untuk menyemai yang dalamnya 2cm. Posisi untuk benih yang bentuknya runcing diletakkan di bagian bawah. Media untuk menyemai berupa tanah dan pupuk kandang (1 dibanding 2) yang basah.

Media yang sudah disiapkan dimasukkan ke dalam polybag yang berukuran 8 cm x 10 cm dan diletakkan di bagian atas bedeng dan ditutup dengan sungkup dari plastik. Setelah 10 sampai 14 hari benih menjadi bibit melon berkualitas dan siap dipindahkan ke area tanam.