Urban Farming Di Pulau Tidung, Panen 35 Kilogram Sayuran Bayam

oleh -23 views
Ilustrasi Tanaman Bayam
Ilustrasi Tanaman Bayam - Foto : Pinterest/@johnnyseeds

Panennews.com – Sebanyak 35 kilogram kangkung dan bayam berhasil dipanen dari area urban farming Docking Pulau Tidung di RT 03/02, Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu.

Kasie Ketahanan Pangan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu, Parsan merinci, sayur mayur yang dipanen terdiri dari 25 kilogram kangkung dan 10 kilogram bayam.

“Panen kita lakukan bersama warga dan petugas Docking Pulau Tidung. Alhamdulillah, hasil panen sangat bagus,” ujarnya, Selasa (02/01/2023).

Parsan menjelaskan, sayuran yang dipanen merupakan hasil penanaman secara konvensional dan hidroponik. Selain Kangkung dan Bayam, di urban farming itu turut ditanami cabai, terung, ubi jalar, singkong, jagung, buah-buahan, dan tanaman lainnya.

Baca Juga :   Punya Nilai Jual Tinggi, Kementan Dorong Masyarakat Budidayakan Kacang Koro

“Kami dari Sudin KPKP Kepulauan Seribu memberikan pendampingan dan bantuan agar hasil panen bisa optimal,” terangnya.

Menurutnya, melalui penerapan konsep urban farming lahan kosong yang sebelumnya tidak produktif dapat dirasakan manfaatnya.

Urban farming ini sangat berguna untuk menjaga ketahanan pangan, selain tentunya dapat menghijaukan lingkungan,” ungkapnya.

Selain itu, Ia juga menyebut bahwa sayuran bayam dan kangkung yang telah dipanen ini memiliki kualitas bagus dan baik. Serta juga terhindar dari hama atau pun penyakit.

“Sayuran bayam dan kangkung ini memiliki kualitas yang baik, serta terhindar juga dari hama atau pun penyakit” ujarnya.

Baca Juga :   Optimasi Lahan Rawa, Naikkan Indeks Pertanaman Di Kabupaten Ogan Ilir

Sementara itu, salah seorang warga, Fauziah (34) mengaku senang bisa ikut panen bersama di Docking Pulau Tidung. Terlebih, dirinya juga diberikan sayur-mayur hasil panen tersebut.

“Penjual sayuran di sini sangat jarang, tapi dengan adanya kebun ini kami jadi lebih sering untuk mengonsumsi sayuran,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.