Program SFV Di Serang, Sukses Kembangkan Budidaya Udang Vaname

oleh -18 views
Politeknik AUP Serang Sukses Kembangkan Budidaya Udang Vaname 1
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPPSDM) berhasil mengoptimalkan program Smart Fisheries Village (SFV).

Politeknik Ahli Usaha Perikanan (AUP) Kampus Serang, dengan komoditas utama Udang Vaname. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari strateginya pemanfaatan aset.

Kepala BPPSDM I Nyoman Radiarta mengatakan, AUP Kampus Serang merupakan salah satu lokasi SFV berbasis UPT dengan komoditas utama udang vaname.

Mulai dari pembenihan Udang Vanname Skala Rumah Tangga, Pembesaran Udang Vanname dan Produksi Pakan Mandiri.

“Tambak budidaya udang vaname tersebut juga merupakan teaching factory (tefa) atau model pembelajaran Taruna/i Politeknik AUP Kampus Serang,” kata Nyoman, Rabu (17/01/2024).

Baca Juga :   BLUD Kelautan Perikanan Terbentuk, Harapan Baru PAD NTB dari Wilayah Pesisir

Sebagai sekolah vokasi dengan peserta belajar 100 persen anak pelaku utama KP, lanjut Nyoman, kampus ini diharapkan dapat mencetak entrepreneur muda yang mampu membangun sektor KP dari hulu ke hilir.

“Saya berharap Politeknik AUP Kampus Serang ini dapat menjadi lokasi percontohan SFV yang dapat digunakan oleh seluruh civitas akademika Politeknik KP untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi serta sebagai media ajar sarana praktik peserta didik,” ucap Nyoman.

Salah satu keberhasilan program SFV udang vaname yang dihasilkan Kampus AUP Serang yaitu, peningkatan raihan PNBP pada 2023 yang mencapai Rp917.577.000 atau meningkat sekitar 136 persen dari target sebesar Rp674.000.000.

Baca Juga :   Budidaya Jamur Tiram Terserang Hama Bekicot, Begini Cara Mengatasinya

Pada Gebyar SFV UPT Politeknik AUP Kampus Serang, akhir pekan lalu, Kepala BPPSDM I Nyoman Radiarta sampaikan apresiasinya atas keberhasilan Politeknik AUP Kampus Serang mengoptimalkan SFV dengan memanfaatkan aset yang dimiliki guna menunjang capaian PNBP.

“Saya melihat Politeknik AUP Kampus Serang dapat dengan baik mengimplementasikan program SFV sesuai dengan potensi dan pemanfaatan aset yang dimiliki. Tentunya, dengan pemanfaatan aset yang efektif, akan berujung pada peningkatan nilai PNBP,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.