Meski Tumbuh Liar, Paku Kembang Ternyata Bisa Mengobati Penyakit Ini

oleh -21 views
Flowering Rumex confertus on a background of green grass and leaves.
Foto : Pixabay

Panennews.com – Tumbuhan paku kerap tersebar pada berbagai penjuru dunia, terutama wilayah iklim tropis dengan datarannya yang cenderung tinggi maupun rendah.

Termasuk juga pada tumbuhan paku kembang ini, meski tumbuh secara liar. Namun, keberadaan paku kembang tersebut cukup terkenal dengan berbagai manfaatnya. Manfaatnya tersebut cenderung ampuh dalam melawan berbagai penyakit, adapun paku kembang ini bisa mengobati penyakit antara lain.

Mengobati Luka

Daun tumbuhan paku kembang memiliki senyawa anti bakteri dalam jumlah yang cukup tinggi, sehingga bisa meredakan luka pada tubuh seseorang. Selain itu, paku kembang juga terdapat kandungan antioksidan yang biasanya membuat luka cepat kering. Oleh sebab itu, paku kembang dapat mengobati berbagai jenis luka.

Baca Juga :   Tanaman Gambas, Dengan Buahnya Yang Disebut Oyong

Meredakan Peradangan

Tumbuhan paku bisa bermanfaat sebagai meredakan peradangan. Pasalnya, tumbuhan yang tumbuh secara liar ini mengandung senyawa anti imflamasi. Senyawa tersebut biasanya berfungsi sebagai obat dalam mencegah dan mengobati peradangan dalam tubuh. Selain itu, tumbuhan paku juga mengandung senyawa tannin hingga saponnin. Dalam hal ini, senyawa tersebut bisa membantu tubuh dalam melawan peradangan.

Mengobati Nyeri Tubuh

Kandungan tannin hingga saponin sangat bermanfaat dalam melawan nyeri pada tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan dalam paku kembang juga berperan aktif membantu rasa nyeri pada tubuh seseorang. Hal ini menjadi salah satu manfaat dari tumbuhan paku kembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.