Petani Di Pasuruan, Panen Raya Durian Hingga 500 Buah Setiap Harinya

oleh -11 views
Ilustrasi Buah Durian
Ilustrasi Buah Durian - Foto : Freepik

Panennews.com – Tahun ini menjadi tahun paling berkah bagi para petani buah durian di Desa Kronto, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan.

Sebab mereka sedang menikmati panen raya durian sejak desember 2023 sampai sekarang.

Bahkan, meskipun musim penghujan, namun tak membawa pengaruh pada kualitas durian-durian di Kronto. Sebaliknya, durian Kronto seolah-olah membanjiri setiap sudut kota. Baik di Pasuruan hingga Semarang, Surabaya dan Jakarta.

Salah satu petani durian di Desa Kronto, Sodin mengaku memiliki kebun durian seluas 2500 meter persegi.

Di dalam kebunnya, tak kurang dari 150 pohon yang ia tanam sejak beberapa tahun lalu. Dan kini, ratusan pohon tersebut, semuanya berbuah dan dipanen, setiap hari.

“Alhamdulillah, setiap hari panen 500 buah dan saya tebaskan (meminta bantuan orang untuk membelinya langsung dari pohonnya) ke orang,” ungkap Sodin saat berada di kebunnya, Rabu (31/01/2024).

Baca Juga :   Potensi Lahan 90 Hektare, Lumajang Dorong Cabai Rawit Di Desa Bades

Durian-durian milik Sodin memiliki rasa yang sama dengan durian milik petani di Kronto.

Ia menuturkan, Desa Kronto terkenal dengan ikon buah durian khas Kabupaten Pasuruan. Ada 3 jenis durian unggulan dihasilkan dari desa ini, yakni Durian Si Kasmin, Si Laron dan Si Karim.

Ketiganya memiliki ciri yang berbeda. Durian Si Kasmin memiliki daging berwarna kuning keemasan dan rasanya yang sangat legit.

Sedangkan Durian Si Laron warna buahnya agak kehijauan dan rasanya seperti susu manis. Dan untuk Si Karim memiliki tekstur yang sangat lembut.

Dari ketiga jenis durian yang dihasilkan dari Kronto, yang paling diminati para penyuka durian adalah Si Kasmin. Ukuran dan berat buahnya bisa mencapai 4 kilogram.

Kata Sodin, harga durian di musim panen raya sekarang sudah mulai menurun. Ia menjual rata-rata Rp 35 ribu per satu buah durian kepada para pengepul.

Baca Juga :   Benarkah Banyak Makan Tomat Bisa Bantu Mencegah Hipertensi

“Mau yang kecil atau yang besar sama saja. Karena sekarang panen raya. Kalau di pengecer lain lagi harganya,” ucapnya.

Lebih lanjut pria yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Kronto ini menjelaskan bahwa total ada 300 hektar kebun durian yang tersebar. Jumlah petani durian pun mencapai 2 ribu orang yang memiliki kebun sendiri-sendiri.

Di musim panen raya seperti sekarang, tak kurang dari 10 ribu durian milik seluruh petani Kronto yang dibawa turun. Dalam artian, dijual ke pengepul, pengecer atau penjual durian dari berbagai daerah di Jawa Timur.

“Sehari minimal 10 ribu durian yang dipanen untruk dibawa turun,” singkatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.