Dinyatakan Sehat, Ratusan Ton Bahan Baku Ternak Masuk Di Sulawesi Selatan

oleh -16 views
mbm
Foto : Dok. Barantan

Panennews.com – Meat and Bone Meal (MBM) atau yang biasa juga disebut dengan tepung daging dan tulang merupakan bahan baku pakan ternak.

Adapun pakan tersebut yang terbuat dari hasil limbah pengolahan hewan dan merupakan sumber protein dan mineral.

Lebih lanjut, Meat bone meal (MBM) dapat dianggap sebagai limbah pemotongan hewan utama, karena proporsi bahan dan residu terbesar tidak dapat digunakan sebagai bahan pangan manusia sehingga digunakan untuk memproduksi MBM.

Lutfie Natsir, Pejabat Karantina Makassar melalui wilayah kerja Pelabuhan Utama Makassar melakukan sertifikasi terhadap 583 ton MBM yang masuk dari Amerika Serikat.

Baca Juga :   Realisasi KUR Di Sektor Peternakan Tahun 2022 Naik 23,6%

Sebelum dilakukan pembebasan, ratusan ton MBM tersebut dilakukan pengambilan sampel dan pemeriksaan fisik untuk memastikan tidak terdapat penyakit atau pun hama lainnya.

“Bahan baku pakan ternak ini kita sudah melakukan sertifikasi yang masuk dari Amerika Serikat, adapun sertifikasi ini menghasilkan bahan paku yang sehat” tuturnya, Jumat (08/12/2023).

Selain itu, Lutfie juga mengatakan setelah dinyatakan sehat, bahan baku ini berhak segera dilalulintaskan menuju Sulawesi Selatan.

“Bahan baku ini kita nyatakan sehat, dengan begitu akan kita segera lalulintaskan menuju Sulawesi Selatan untuk kebutuhan pakan ternak disana” tutupnya.

Baca Juga :   Penerapan Dalam Budidaya Ikan Lele dengan Sistem Booster

Sebagai informasi, bahan baku ini memiliki asam amino yang tinggi, MBM dibuat dari hasil limbah berupa jeroan, tulang, lemak dan daging dikeringkan kemudian digiling menjadi tepung. MBM kemudian digunakan menjadi campuran pakan ternak utamanya unggas, pakan ikan, kucing dan anjing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.