Punya Banyak Manfaat, Ratusan Bibit Kelapa Genjah Ditanam Di Kepulauan Seribu

oleh -36 views
Kelapa Genjah
Foto : Dok. BUTTMKP

Panennews.com – Sebanyak 200 bibit kelapa genjah ditanam di kawasan Pantai Indah Kelapa (PIK), Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu.

Aksi tanam pohon ini melibatkan jajaran kecamatan, kelurahan, TP PKK, FKDM, LMK, pengurus RW, perwakilan warga hingga pihak swasta.

Adapun Camat Kepulauan Seribu Utara, Angga Saputra mengatakan, penanaman pohon dilakukan dalam rangka menghijaukan Pulau Kelapa.

Selain itu, juga menindaklanjuti program pemerintah dalam mendukung adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim yang berkelanjutan.

“Penanaman pohon ini hasil kerja sama dengan Dompet Dhuafa dan PT Nusantara Regas (NR). Totalnya ada 200 bibit,” ujarnya, Selasa (28/11/2023).

Baca Juga :   Sebelum Terbang Ke Kaltim, Sejumlah Bibit Durian Lokal Diperiksa Kesehatan

Menurut Angga, pohon kelapa memiliki banyak manfaat bagi masyarakat nelayan. Di samping airnya bisa diminum, daging dan tempurungnya dapat dijadikan santan dan arang dupa. Bahkan, serabut dan daunnya bisa diolah menjadi bungkus makanan.

Lebih jauh, Kelapa genjah hanya mampu tumbuh dengan tinggi empat meter. Pada usia 2,5 sampai tiga tahun, kelapa ini sudah mulai berbuah dan dalam waktu yang satu tahun satu pohon bisa berbuah antara 140 sampai 180 butir.

“Mulai dari daun, batang serta buahnya bisa dimanfaatkan semua. Semoga hasilnya dapat dirasakan dua sampai tiga tahun ke depan,” harapnya.

Baca Juga :   Jangan Dibuang, Kulit Telur Bermanfaat Bagi Tanaman Hias

Sementara itu, Lurah Pulau Kelapa, Muslim mengucapkan terima kasih atas pemberian bantuan bibit kelapa ini. Terlebih di area PIK masih kurang pohon kelapa.

“Semoga ke depan dapat membuahkan hasil yang diharapkan warga meningat buah kelapa ini cenderung banyak manfaatnya dibandingkan jenis buah lain,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.