Kembangkan Usaha Green House, Pj Gubernur Kaltim : Inovasi Kuat Jaga Ketahanan Pangan

oleh -33 views
WhatsApp-Image-2023-11-16-at-4.53.59-PM-1-1536x727
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Pj Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) mengajak organisasi masyarakat di Kaltim termasuk Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Provinsi Kaltim untuk mengembangkan usaha greenhouse.

Adapun hal itu sebagai upaya membantu pemerintah mewujudkan ketahanan pangan dan juga menjaga stok pangan agar selalu tersedia.

“Kita harus perkuat ketahanan pangan di Kaltim dengan ragam inovasi yang variatif. Inovasi hortikultura ini jika di kembangkan jadi inovasi kuat dalam menjaga ketahanan pangan, serta memudahkan cara menanam karena lebih modern, baik untuk jenis buah-buahan maupun sayur-sayuran,” jelas Akmal Malik saat menerima audiensi ketua dan anggota Iwapi Provinsi Kaltim di Ruang VVIP, Rumah Jabatan Gubernur Kaltim, Selasa (28/11/2023).

Baca Juga :   Puluhan Desa Di Purworejo Panen Raya, Penuhi Kebutuhan Nasional

Selain itu, Akmal juga memaparkan pembangunan greenhouse ini tidak terlalu sulit dengan menggunakan rangka berbahan bambu ataupun rangka baja ringan.

“Saya kira pengembangan greenhouse ini pasti berhasil dan bisa menjadi contoh bagi masyarakat lainnya, terlebih metodenya pun mudah” jelas Akmal.

Lebih lanjut, dengan anggota Iwapi yang ribuan orang, Akmal menantang agar Iwapi yang memiliki lahan kosong, bisa memanfatkannya untuk pengembangan greenhouse.

“Kita tahu, anggota Iwapi mayoritas berkiprah dalam UMKM, dengan pengalaman tersebut kita harapkan juga bisa melakukan pengembangan pertanian modern ataupun greenhouse. Ayo pasti ibu-ibu bisa,” seru Akmal Malik.

Baca Juga :   Tekan Inflasi, BI dan Pemprov NTB Panen Cabai Organik

Sementara itu, Ketua Iwapi Kaltim Ernawaty Gafar mendukung pengembangan greenhouse untuk mendukung dan menjaga ketahanan pangan pada daerah Kaltim.

“Masukan Pak Pj Akmal dalam pengembangan greenhouse, tentu menjadi peluang usaha kami selain UMKM. Dan dalam waktu dekat ini kami siap melaksanakan dengan mempersiapkan lahannya,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.