Meski Tergolong Langka, Ketahui Ciri Hingga Habitat Asli Burung Bubut

oleh -81 views
greater-coucal-7259877__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Ada berbagai jenis burung endemik yang keberadaannya sudah cukup langka di Indonesia. Salah satunya yaitu burung bubut ini.

Burung tersebut menjadi langka keberadaannya. Pasalnya, habitat burung tersebut kini tengah terancam akibat beberapa faktor. Oleh sebab itu, ketahui lah habitat hingga ciri-ciri dari burung langka tersebut.

Secara umum, burung bubut memiliki ciri-ciri dengan bentuk tubuhnya yang cukup panjang. Biasanya ukuran panjang dari burung tersebut bisa mencapai kisaran antara 30 hingga 70 cm pada jenis jantannya, sedangkan jenis betinanya memiliki ukuran panjang berkisar antara 30 – 50 cm.

Baca Juga :   Tanam Ribuan Bibit Pohon, Cara Pemkab Semarang Jaga Kawasan Hutan

Selain itu, burung ini juga memiliki ciri-ciri paruhnya yang panjang dengan ukuran berkisar antara 7 cm. Adapun pada sekitar kakinya, burung tersebut juga memiliki jari dengan jumlahnya berkisar antara 5 jari.

Lebih lanjut, jari tersebut dilengkapi dengan cakaran yang cukup kuat hingga tajam, cakaran tersebut biasanya digunakan burung untuk menjaga dirinya dari serangan musuh-musuhnya.

Sementara itu, burung bubut ini memiliki habitat asli pada hutan-hutan tropis dalam jumlah pohon yang cenderung lebat. Burung ini hinggap pada pohon-pohon besar, biasanya pada pohon besar tersebut burung bubut akan membuat sarang untuk berteduh pada malam hari.

Baca Juga :   Cegah Penyebaran PMK, Kementan Himbau Peternak Ikuti Langkah Pencegahan

Lebih jauh, habitatnya juga bisa ditemukan pada perkebunan hingga rawa-rawa yang memiliki rumput lebat. Biasanya pada rawa-rawa tersebut burung bubut akan singgah dan berkembang biak secara aktif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.