Tanam Ribuan Bibit Pohon, Cara Pemkab Semarang Jaga Kawasan Hutan

oleh -48 views
Ilustrasi Hutan
Ilustrasi Hutan - Foto : Freepik

Panennews.com – Sebanyak kurang lebih 1.020 batang bibit pohon produktif ditanam jajaran Polres dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang di lahan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK).

Adapun hal tersebut berlangsung di Wanadipa, Undip, di Kelurahan Susukan, Ungaran Timur, Rabu (15/11/2023).

Kapolres Semarang AKBP Achmad Oka Mahendra menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari penanaman 10 juta pohon serentak di seluruh Indonesia kerja sama antara Polri dan Kemenko PMK.

“dalam rangka pengurangan risiko bencana dan pengendalian perubahan iklim,” terangnya, usai penanaman secara simbolis bersama Wakil Bupati Semarang Basari.

Disampaikan, pohon yang ditanam di antaranya alpukat, mangga, dan tanaman produktif lainnya.

Baca Juga :   Birukan Langit Jakarta, Kepulauan Seribu Tanam 3000 Bibit Pohon

Sementara itu, Wakil Bupati Semarang Basari mengatakan, penanaman bibit pohon diharapkan dapat membawa manfaat bagi masyarakat sekitar.

“Kita berharap, nantinya pihak pengelola KHDTK Undip dapat mengembangkan berbagai tanaman produktif, bekerja sama dengan masyarakat sekitar. Sehingga, nantinya dapat meningkatkan perekonomian mereka,” ujarnya.

Kepala pengelola KHDTK Wanadipa, Sri Puryono menyambut baik langkah Polri dan Kemenko PMK melaksanakan gerakan penanaman pohon secara serentak itu.

“Di awal musim hujan ini sangat tepat. Apalagi yang ditanam adalah tanaman buah-buahan. Ini akan berdampak dalam menanggulangi pemanasan global atau perubahan iklim, risiko bencana, dan untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sedangkan di Kabupaten Kendal, untuk mendukung penanaman 10 juta pohon serentak di seluruh Indonesia, Polres Kendal bersama pemkab setempat melakukan penanaman 500 pohon lamtoro, di sepanjang Jalan Bahurekso, Kelurahan Jetis, Rabu (15/11/2023).

Baca Juga :   Mengenal Pohon Cemara, Dari Ciri Hingga Penyebarannya

Lebih jauh, Kapolres Kendal AKBP Feria Kurniawan menyampaikan, pelestarian alam dapat dilakukan dengan penghijauan, yang berfungsi untuk menyerap karbondioksida, menghasilkan oksigen, serta menurunkan suhu, dan menjadi daerah resapan air.

“Pelestarian lingkungan merupakan kewajiban kita semua. Menanam pohon secara dini harus terus dilakukan dan harus terus ditanamkan kepada generasi muda, agar mereka memiliki tanggung jawab bersama untuk melestarikan alam, yang nantinya akan mengurangi dampak polusi dan dampak kerusakan lingkungan,” ungkap Feria.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.