Puluhan Nelayan Desa Sidekarya Ikuti Pelatih SAR

oleh -21 views
Anggota kelompok nelayan Muntig Siokan saat mengikuti pelatihan SAR (Panennews.com/Agung Gede)
Anggota kelompok nelayan Muntig Siokan saat mengikuti pelatihan SAR (Panennews.com/Agung Gede)

Panennews.com – Puluhan nelayan yang terafiliasi dalam Kelompok Nelayan Muntig Siokan Desa Sidakarya mendapatkan pelatihan keselamatan dan Kkamanan di laut oleh Badan SAR Nasional (BASARNAS) Bali, Sabtu (28/10/2023).

Kegiatan yang berlangsung di Pantai Mertasari, Desa Sanur Kauh, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar ini dibuka Perbekel Desa Sidakarya, I Wayan Madrayasa serta dihadiri sejumlah staf Desa Sidekarya.

Perbekel Desa Sidakarya, I Wayan Madrayasa saat dikonfirmasi mengatakan, pembekalan kemampuan Search and Rescue (Pencarian dan Penyelamatan) SAR sebagai program pemberdayaan dan bagian penting dalam situasi darurat untuk menyelamatkan nyawa dan memberikan bantuan.

Baca Juga :   Aturan PIT Jadi Biang Retribusi TPI di Pati Baru Tembus 67,85 Persen

“Mengingat potensi-potensi resiko selama berlayar, serta banyaknya wisatawan yang melakukan aktivitas di sekitaran pantai dan laut, kami menilai kemampuan SAR sudah merupakan bekal dasar yang perlu dimiliki para nelayan,” kata I Wayan Madrayasa.

Di samping itu Madrayasa berharap pelatihan ini dapat bermanfaat bagi peserta dan menjadi bekal dalam menghadapi kegawatdaruratan di laut.

Semantara salah satu peserta pelatihan Nyoman mengaku sangat antusias dalam mengikuti setiap materi karena pihaknya menilai resiko dalam berlayar dan bermacam-macam kejadian dilaut dapat terjadi kapan saja.

Baca Juga :   Seperti Kristal, Begini Proses Pembuatan Garam dari Air Laut

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami untuk kesiapan diri dalam melaut serta kesiapan dalam memberikan pertolongan jika terjadi kegawatdaruratan di laut,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.