Pemerintah Pusat Bangun Kampung Nelayan di Lombok Timur

oleh -6 views
Kadis Kelautan dan Perikanan NTB, Muslim
Kadis Kelautan dan Perikanan NTB, Muslim (Panennews.com/H Wardi)

Panennews.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan RI mengeluarkan keputusan untuk membangun kampung nelayan modern di Indonesia.

Salah satunya di Ekas Buana, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Kepmen KKP Nomor 19 Tahun 2024 Tentang Calon Lokasi Kampung Nelayan yang diterbitkan atas nama Menteri KKP, Sakti Wahyu Trenggono ini ditetapkan di Jakarta, 20 Maret 2024.

Selain Ekas Buana, ada Sembilan kampung nelayan modern lainnya yang masuk. Diantaranya, Kampung Nelayan Modern Setono di Kota Pekalongan Jawa Tengah. Lateng di Banyuwangi Jawa Timur. Bulumeduro di Tuban Jawa Timur. Pasarbanggi di Kabupaten Rambang Jawa Tengah. Ciwaru Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Cikiruhwetan Kabupaten Pandeglang Banten. Warloka Pesisir Kabupaten Manggarai Barat NTT. Sorue Jaya Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara. Dan Kuala Raja Kabupaten Bireuen Aceh.

Baca Juga :   Menteri Trenggono Bersama Nelayan Bersihkan Sampah Di Laut

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB, Muslim, menyampaikan, KKP mengalokasikan anggaran Rp18 miliar hingga Rp20 miliar untuk membangun kampung nelayan modern di Ekas Buana. “Kalau sudah terbit Kepmen. Pasti segera dibangun,” katanya.

Konsep kampung nelayan modern diarahkan mengintegrasikan penyediaan infrastruktur dan fasilitas perikanan dari hulu ke hilir. Kampung nelayan saat ini identik dengan kemiskinan, keterbatasan sarana dan prasarana, keterbatasan akses, kumuh dan sebagainya.

Untuk mewujudkan kawasan/lingkungan kampung nelayan yang tertata, bersih, sehat, dan dapat meningkatkan produktivitas kehidupan nelayan, dan keluarganya, perlu dilakukan penataan, penyediaan, dan/atau perbaikan sarana, dan prasarana publik di kampung nelayan sehingga menjadi kampung nelayan maju seperti yang tertulis dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan RI No. 34 Tahun 2022.

Baca Juga :   Lepas 100 Tukik Penyu Bagi Pelestarian Lingkungan di Lombok Utara

Kampung Nelayan Modern merupakan program yang mentransformasikan ruang hidup dan ruang sosial nelayan menjadi lebih baik, dan lebih berkembang, dengan seluruh dimensinya melalui pembangunan infrastruktur, dan peningkatan kapasitas masyarakat melalui social engineering.

Muslim menambahkan, terdapat aset lahan pemerintah daerah yang bisa dijadikan kawasan kampung nelayan modern ini. Nantinya KKP akan membangun fasilitas pendukung misalnya dermaga, sentra kuliner dan sarana prasarana lainnya yang dapat mendukung kawasan ini sebagai pusat kawasan ekonomi baru.

“Masyarakat yang sudah tinggal di sana akan ditata, dibuat lebih modern. Ini bisa menjadi ikon baru pariwisata dan ekonomi. Ini sebagai salah satu kompensasi desakan kita terus menerus karena banyaknya kewenangan daerah kita di sektor kelautan perikanan yang ditarik ke pusat,” kata Muslim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.