KKP Siap Bangun Kampung Nelayan Modern Di Pasarbanggi

oleh -7 views
KKP-resmikan-kampung-nelayan-pasarbanggi-rembang-jawa-tengah.jpeg
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus menyiapkan pembangunan Kampung Nelayan Modern atau Kalamo Pasarbanggi.

Adapun pembangunan itu nantinya di Desa Pasarbanggi, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang. Tempat itu nantinya diproyeksi menjadi pelabuhan terintegrasi.

Hal tersebut disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono, didampingi Bupati Abdul Hafidz, saat kunjungan kerja di Rembang, Senin (01/04/2024).

Kunjungannya ke kabupaten yang memiliki panjang pantai sekira 64 kilometer itu, untuk melihat langsung bagaimana kondisi nelayan di Pasarbanggi.

Menteri yang akrab disapa Trenggono ini menegaskan, kampung nelayan modern tersebut dibangun secara tematik, dan disesuaikan dengan lingkungan masyarakat di Desa Pasarbanggi.

Baca Juga :   Jaga Produksi Ikan Tetap Segar, NTB Fasilitasi Pengadaan Cold Storage

“Pembangunan Kalamo itu tematik ya, disesuaikan dengan lingkungan di sini. Ke depannya kita rencanakan pembangunan pelabuhan terintegrasi,” imbuh Trenggono.

Selain itu, Dia juga berharap, rencana pembangunan Kalamo Pasarbanggi serta dukungan sarana prasarana nantinya, dapat mendorong kegiatan ekonomi untuk terus bergerak.

Lebih lanjut, ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan dapat dijual dan dipasarkan langsung di sentra kuliner yang juga telah tersedia, sehingga kualitasnya terjaga.

Dalam kegiatan itu, Trenggono juga memberi sejumlah bantuan kepada perwakilan nelayan Desa Pasarbanggi. Di antaranya 50 unit bubu rajungan, serta 100 unit jaring insang.

Baca Juga :   2 Mamalia Terdampar Di NTT, Diduga Jadi Sasaran Perburuan Liar

Diharapkan, melalui pembangunan kampung nelayan modern di Desa Pasarbanggi, Rembang ini, dapat memberikan manfaat yang besar bagi perekonomian nelayan, serta menciptakan masyarakat pesisir lebih produktif dan mandiri.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Tb Haeru Rahayu menambahkan, saat ini fasilitas yang akan dibangun di Kalamo Pasarbanggi Rembang di antaranya sentra pengolahan, sentra kuliner, bale nelayan, kios perbekalan, bengkel, docking, shelter pendaratan ikan, dan pabrik es atau cold storage.

Dia berpesan, agar fasilitas yang disediakan pemerintah itu nantinya harus digunakan dan dijaga dengan baik, oleh nelayan dan masyarakat sekitar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.