Celepuk Rinjani, Spesies Burung Hantu Khas Pulau Lombok

oleh -35 views
1605620143175
Foto : Dok. KLHK

Panennews.com – Celepuk rinjani merupakan salah satu spesies burung hantu khas endemik tanah Indonesia. Biasanya burung hantu ini memiliki karakteristik dengan tampilannya yang cenderung kecil.

Jenis burung hantu ini memiliki nama Ilmiah Otus Jolandae yang masih tergabung ke dalam suku famili dari Strigidae. Adapun burung ini juga terkenal dengan nama burung hantu kecil.

Secara morfologi, celepuk rinjani memiliki bentuk tubuh yang cenderung kecil jika di bandingkan dengan spesies burung hantu lain. Biasanya jenis burung hantu ini memiliki bentuk tubuh dengan ukuran panjang berkisar antara 3 – 5 cm, adapun dengan ukuran tersebut biasanya burung ini memiliki ukuran lebar berkisar antara 1 cm.

Baca Juga :   Ribuan Burung Tak Berdokumen, Gagal Keluar Denpasar

Selain itu, tubuhnya juga terdapat banyak bulu yang tumbuh secara lebat. Biasanya bulu ini dapat menghiasi sekujur tubuh yang dimulai dari kepala hingga pangkal kakinya. Adapun tubuh dari jenis burung hantu celepuk ini memiliki warna cokelat cenderung kehitaman.

Sementara itu, celepuk rinjani ini mendiami habitat hutan di sekitar kaki gunung rinjani. Tepatnya pada ketinggian yang berkisar antara 25 hingga 1.350 di atas permukaan laut. Meski begitu, burung ini juga memiliki banyak habitat di sekitar hutan-hutan daerah Pulau Lombok.

Baca Juga :   Petani Milenial Ini, Tangkap Peluang Besar Dari Beternak Ayam Arab

Biasanya burung ini mendiami atau berhabitat pada sekitar pohon besar pada lahan hutan Pulau Lombok. Oleh sebab itu, burung celepuk rinjani sering memiliki sebutan sebagai spesies burung hantu khas Pulau Lombok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.