Illegal Fishing, Kadis Perikanan NTB : Pencegahan Lebih Berdampak

oleh -44 views
Kadis KP NTB Muslim
Kepala Dinas Kelautan Perikanan NTB Muslim - Foto : Istimewa

Panennews.com – Penangkapan ikan secara ilegal atau illegal fishing masih marak terjadi di Perairan Lombok maupun Sumbawa. Jika dibiarkan secara terus menerus akan berdampak buruk terhadap kelestarian dari potensi ikan yang ada di perairan NTB.

Kepala Dinas Perikanan Provinsi NTB, Muslim menjelaskan, dibanding melakukan penanganan terhadap para nelayan yang menangkap ikan secara ilegal, Pemerintah ada baiknya melakukan pencegahan.

Menurutnya penyebab nelayan menangkap dengan cara pengeboman, disamping karena minim informasi juga lantaran tuntutan ekonomi para nelayan dalam kondisi yang sulit.

“Pencegahan lebih berdampak besar dari pada penanganan. Di beberapa desa harus dilakukan pelatihan-pelatihan kepada nelayan dan istri nelayan bagaimana cara mengelolaan keuangannya saat musim libur melaut,” ujarnya Jumat (18/8/2023).

Baca Juga :   Genjot Produktivitas Perikanan Budidaya di Maluku untuk Sukseskan LIN

Lebih lanjut, Muslim menjelaskan sumber daya perikanan dan ekosistem laut adalah harta yang harus dijaga. Namun kenyataan banyak masyarkat tidak memiliki kesadaran dalam menjaga lingkunga laut. Akibatnya terumbu karang juga habis dan produksi ikan semakin menurun.

“Kalaupun ada kasus penangkapan ikan ilegal penindakan tetap dilakukan,” terangnya.

Untuk itu, Muslim menegaskan perlu dirumuskan panduan dan strategi demi mengefektifkan pengawasan dan penanggulangan penangkapan ikan yang tidak merusak sumber daya perikanan serta melakukan pembinaan kepada para nelayan serta pelaku usaha perikanan dengan mengedepankan pendekatan persuasif.

Baca Juga :   Ketahui Pentingnya Terumbu Karang Bagi Kehidupan Perikanan

“Pencegahan itu tidak hanya dengan memberikan ilmu supaya nelayan tidak lagi melakukan perusakan lingkungan. Tetapi diberdayakan melalui pemberian informasi terkait tata cara mengelola keuangan mereka disaat libur melaut.” tukasnya.

Muslim menyatakan, jika masih ada kasus penangkapan ikan dengan menggunakan bom. Menurutnya cara-cara menangkap ikan seperti itu, membuat kelestarian potensi perikanan yang ada di perairan terancam musnah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.