Ketahui Pentingnya Terumbu Karang Bagi Kehidupan Perikanan

oleh -13 views
beautiful view of sea life
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Terumbu karang merupakan salah satu keanekaragaman hayati yang terdapat pada dasar laut. Keindahannya cukup mempesona, terlebih lagi terumbu karang ini memiliki manfaat bagi kehidupan perikanan yang cukup penting.

Namun, apa saja pentingnya terumbu karang bagi kehidupan perikanan. Hal ini amat baik kita ketahui untuk dapat menjaga ekosistem terumbu karang bagi ekosistem perikanan, adapun pentingnya terumbu karang bagi kehidupan perikanan antara lain.

Sumber Makanan Ikan

Terumbu karang terdapat planktoon atau pun ikan-ikan kecil di dalamnya, plankton ini biasanya menjadi pakan alternatif berbagai jenis ikan. Selain itu, terumbu karang juga sangat mendukung berbagai jenis ikan untuk mencari santapan atau pun hidangannya. Oleh karena itu, ini menjadi salah satu pentingnya terumbu karang bagi perikanan.

Baca Juga :   KKP Terapkan Penangkapan Ikan Terukur, Amanah UU Perikanan

Tempat Tinggal Ikan

Keberadaan terumbu karang dapat menjadi tempat tinggal ikan. Pasalnya, terumbu karang ini memiliki bilik-bilik kecil yang menjadi salah satu habitat ikan. Selain itu, terumbu karang juga biasanya memiliki peranan penting berbagai jenis ikan untuk berkembang biak. Hal ini jadi salah satu peranan penting terumbu karang bagi ekosistem perikanan.

Pelindung Ikan

Terumbu karang memiliki peranan penting bagi kehidupan perikanan yang salah satunya yaitu sebagai pelindung berbagai jenis perikanan agar terhindar dari serangan musuh-musuhnya. Selain itu, terumbu karang juga menjadi tempat berteduhnya bagi ikan-ikan. Oleh karena itu, ini jadi peranan penting terumbu karang bagi kehidupan perikanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.