Lobster di NTB, Kerjasama Pemerintah, Akademisi dan Pengusaha Perlu Dilakukan

oleh -31 views
Lobster Dok KKP
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Sektor perikanan NTB dinilai sangat potensial dan menjanjikan. Salah satunya perihal budidaya lobster yang dianggap belum maksimal digarap. Padahal. peluangnya cukup besar jika dimanfaatkan dengan benar.

Anggota DPD RI Dapil NTB, Sukisman Azmy mengatakan, melimpahnya bibit lobster di Lombok hingga 10 juta setiap tahun, namun faktanya hanya mampu dibudidayakan sampai 1 juta merupakan tantangan bagi akademisi dan pelaku perikanan di NTB.

Terlebih teknologi budidaya lobster belum dikuasai secara nasional. Sehingga kelebihan bibit ini membuat importir berusaha menjualnya secara ilegal dengan cara menyelundupkan.

“Hanya 10 persen yang bisa kita budidayakan, itupun teknologinya alami dari nelayan kita. Tentu ini merupakan tantangan bagi akademisi di Indonesia terlebih di NTB yang bahan bakunya melimpah,” ujarnya kepada sejumlah awak media, Kamis (17/8/2023).

Baca Juga :   Begini Cara Mudah Bikin Betah Ikan Koi Di Habitat Akuarium

Ia mengatakan, kerja sama antara pemerintah, pengusaha dan akademisi perlu dilakukan agar budidaya lobster ini berhasil. Mengingat potensinya yang sangat besar seperti jumlah dan jenis pakannya. Suhu udara kandungan oksigen dan yang lainnya, sehingga pertumbuhannya lebih cepat.

Potensi lainnya NTB adalah 3 provinsi terbesar di Indonesia penghasil garam. Demikinan juga dengan rumput laut terbesar ke 4 di Indonesia.

“Sektor perikanan kita di NTB sangat menjanjikan. Harusnya peluang ini bisa di garap dengan maksimal oleh semua pihak terkait,” katanya.

Terkait mutiara, lanjut Sukisman, NTB termasuk terbesar di Indonesia setelah sukses alih teknologi budidayanya dari Jepang. Sementara udang yang dibudidayakan di tambak saat ini sedang bersinar di pasar internasional.

Baca Juga :   Jaga Ikan, KKP Kawal Perbatasan Dari Hama Dan Penyakit Ikan

Dirinya mengakui keunggulan Vietnam yang berhasil membudidayakan lobster. Menurutnya tantangan ini harus melecut akademisi dan pihak terkait sehingga tidak terdengar lagi ekspor bibit lobster secara gelap sehingga pengusaha ditahan pihak berwajib.

“Suksesnya NTB membudidayakan mutiara, udang, rumput laut, dan lainnya merupakan tantangan bagi NTB mengingat potensi budidaya perikanan NTB sangat menjanjikan. Beberapa tantangan lain untuk budidaya perikanan NTB secara umum yang harus diatensi untuk menambah pendapatan dan PAD (Pendapatan Asli Daerah),” ujarnya.

Karena itu, dia mengingatkan perlu adanya teknologi budidaya lobster di kembangkan agar bibitnya yang melimpah bisa dibudidayakan nelayan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.