Paku Kembang, Tumbuhan Liar Yang Punya Banyak Kegunaan

oleh -43 views
Flowering Rumex confertus on a background of green grass and leaves.
Foto : Pixabay

Panennews.com – Paku kembang merupakan salah satu jenis tumbuhan dari spesies paku-pakuan. Keberadaan jenis tumbuhan paku ini cukup populer di berbagai kalangan masyarakat khususnya Indonesia.

Jenis tumbuhan paku ini memiliki nama Ilmiah Lygodium Flexuosum ini masih termasuk ke dalam suku famili dari Lygodiaceae. Spesiesnya tersebut merupakan salah satu tanaman yang tumbuh secara liar namun berkhasiat.

Secara morfologi, tumbuhan paku kembang ini dapat hidup dengan cara merambat dengan akar rimpang berwarna cokelat. Panjang akar tersebut berkisar antara 6 cm, biasanya dengan ukuran akar tersebut tanaman ini memiliki batang berbentuk bulat. Adapun warna dari batang tersebut kebanyakan berwarna hijau cenderung cokelat.

Baca Juga :   Begini Cara Gampang Tingkatkan Produktivitas Tanaman Kakao

Selain itu, paku kembang juga memiliki daun berwarna hijau cenderung tua dengan permukaan daunnya yang mengkilap. Biasanya daun tersebut memiliki bentuk bulat cenderung memanjang, adapun ukuran panjang daun paku kembang berkisar antara 14 cm. Sedangkan lebar dari daun ini dapat berkisar antara 24 cm.

Sementara itu, paku kembang ini oleh daunnya memiliki banyak kandungan yang meliputi antioksidan, tannin, saponnin, hingga beberapa senyawa bermanfaat lainnya. Oleh karena itu, paku kembang ini memiliki kegunaan untuk pengobatan tradisional.

Baca Juga :   Jarang Yang Tahu, Ternyata Daun Buah Cherry Punya Manfaat Untuk Kesehatan

Tak hanya itu, kegunaan paku kembang ini juga sangat berpotensi untuk menjadi kembang hias atau pun tanaman hias. Pasalnya, jenis tumbuhan ini memiliki bentuk yang indah serta menawan. Oleh sebab itu, paku kembang juga memiliki banyak kegunaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.