Sering Disepelekan, Cacing Tanah Punya Manfaat Bagi Tanaman

oleh -67 views
earthworm-686593_640
Foto : Pixabay

Panennews.com – Siapa yang tidak mengenal cacing tanah. Jenis hewan kecil panjang yang biasanya identik sebagai umpan dalam kegiatan memancing ini memiliki habitat bersembunyi di balik tanah.

Keberadaan cacing tanah ini sering dianggap sepele bahkan sebagian orang menganggap cacing tersebut sebagai hama. Namun faktanya, cacing tersebut pun ternyata mempunyai manfaat yang cukup besar bagi tanaman. Adapun manfaat cacing tanah bagi tanaman antara lain.

Bikin Subur Tanaman

Cacing tanah membuat tanaman menjadi subur. Pasalnya, keberadaan cacing tersebut dapat menjaga kualitas tanah menjadi baik. Selain itu, cacing tanah juga dapat bermanfaat sebagai unsur hara dalam tanah. Dengan begitu, cacing tanah pun mempunyai manfaat membuat tanaman menjadi subur.

Baca Juga :   Cara Mudah Budidaya Selada dengan Hidroponik

Memperbaiki Tekstur Tanah

Tanah dalam media tanaman merupakan campuran antara tanah liat, debu, hingga bebatuan. Dengan hadirnya cacing tersebut dapat menetralisir campuran debu hingga bebatuan. Selain itu, cacing tanah juga dapat berperan penting dalam menciptakan kualitas tanah yang baik. Dengan demikian, cacing tanah mempunyai manfaat memperbaiki tekstur tanah untuk media tanaman atau pun pohon.

Optimalkan Drainese Tanah

Cacing tersebut biasanya sering membuat lubang-lubang kecil dalam tanah, dengan lubang kecil itu dapat tercipta drainese untuk tanaman. Selain itu, lubang galian cacing juga dapat memperlancar ruang porositas untuk air. Oleh sebab itu, kehadiran cacing tanah dapat mengoptimalkan drainese tanah bagi tanaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.