Inovasi Ispalog Dari NTB, Dorong Produktivitas Budidaya Jamur

oleh -69 views
WhatsApp_Image_2023_06_13_at_19_.03
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) asal Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berhasil raih penghargaan sebagai Juara I Temu Karya Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan ke-XVI Tahun 2023.

Adapun Inovasi yang mengantarkan NTB sebagai juara adalah Ispalog atau Alat Praktis dan Efisiensi Isian Padat Baglog Jamur Tiram.

Lebih lanjut, inovasi tersebut memberikan perubahan dalam pengelolaan pertanian sehingga dapat meningkatkan produktivitas budi daya jamur. Tentunya dalam Temu Karya ini juga dapat memberikan manfaat untuk kelompok tani lainnya dengan saling berbagi inovasi teknologi.

Baca Juga :   Panen Cabai Di Sleman, Canangkan Pertanian Sehat Ramah Lingkungan

“Seluruh inovasi dari peserta adalah juara dan patut diapresiasi. Namun, harus ada Inovasi menjadi terbaik. Kami kesulitan untuk menentukan juaranya. Semuanya inovasi bagus,” ujar Ketua Dewan Juri Temu Karya Harmaini saat penutupan kompetisi Temu Karya di Aula Bappeda Provinsi Sumatera Barat, Padang, Rabu (21/06/2023).

Sementara itu, Sekretaris Temu Karya Penas KTNA XVI/2023 sekaligus Koordinator Hukum dan Humas Badan Karantina Pertanian, R. Chandra K. Satria Utama, berharap melalui temu karya antar kelompok tani, petani dan nelayan dapat terus berinovasi untuk mengatasi permasalahan dan tantangan di lapangan secara mandiri. Sehingga dapat meningkatkan produktivitas sesuai harapan.

Baca Juga :   Ketahui Jenis-Jenis Ayam Kalkun Yang Mudah Di Budidayakan

“Semoga dengan temu karya ini, petani semakin termotivasi menciptakan inovasi-inovasi baru. Bahkan dapat mengadopsi dari inovasi yang telah dipresentasikan oleh para peserta temu karya, serta mengimplementasikannya sesuai kondisi daerahnya masing-masing,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.