Percepat Penanganan Penyakit ASF Ternak, Barantan Tinjau Pulau Bulan

oleh -29 views
20WhatsApp Image 2023-05-24 at 16.59.28
Foto : Dok. Barantan

Panennews.com – Satu bulan pasca penutupan pintu ekspor babi ke Singapura, Kepala Badan Karantina Pertanian (Kabarantan), Bambang, tinjau progres upaya penanggulangan virus ASF di Pulau Bulan, Kota Batam.

“Mewakili Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, saya menyempatkan diri untuk mengetahui secara langsung upaya percepatan penanganan penyakit ASF di Pulau Bulan. Karena menjadi kewajiban kami untuk melakukan pengawalan agar babi asal Pulau Bulan dapat kembali memenuhi permintaan pasar ekspor,” ujar Kabarantan, di Pulau Bulan Selasa (06/06/2023).

Selain itu, Bambang juga mengingatkan agar penerapan SOP Biosecurity di Pulau Bulan dilakukan dengan sangat ketat, mulai dari prosedur biosecurity para pekerja, alat angkut, sampai kondisi pakan babi juga harus menjadi perhatian.

Baca Juga :   Dua Komoditas Besar Peternakan Jadi Prioritas Akselerasi Ekspor

Lebih lanjut, Bambang juga mempertanyakan progres persiapan implementasi sub kompartemen bebas ASF di Pulau Bulan, yang telah disepakati oleh Singapura.

Bahkan, ia meyakinkan Kabarantan proses repopulasi dapat dipercepat dengan adanya rencana impor vaksin ASF dari Vietnam.

Untuk itu, pihaknya mohon arahan Kabarantan untuk dapat mengizinkan pemasukan vaksin ASF asal Vietnam tersebut untuk dapat dikembangkan secara mandiri di Pulau Bulan. Menurut informasi PT. ITS saat ini Vietnam sudah melakukan pengembangan vaksin ASF sendiri.

Lebih jauh, Kabarantan mengatakan bahwa pada prinsipnya Pemerintah akan mendukung pelaku usaha yang berinisiatif untuk melakukan pengembangan vaksin secara mandiri. Agar dapat bermanfaat tentu tetap harus mengikuti prosedur yang berlaku.

Baca Juga :   Ketahui Jenis Pakan Tambahan Ini, Bikin Burung Berkicau Merdu

Sementara itu, Kepala Karantina Tj Pinang, Aris Hadiyono, menginformasikan bahwa per tanggal 8 Mei 2023 pihaknya telah kembali melakukan sertifikasi pengeluaran karkas daging babi asal Pulau Bula sebanyak 112 kali. untuk memenuhi kebutuhan kota Batam.

“Dengan hadirnya Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Propinsi Kepulauan Riau, Rika Azmi, bersama kita hari ini membawa semangat dan optimisme kebersamaan untuk melakukan percepatan penanganan penyakit ASF di pulau Bulan,” tutup Bambang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.