Komisi IV Minta KKP Manfaatkan Hasil Laut Untuk Masyarakat Kecil

oleh -14 views
Ketua Komisi IV DPR RI Sudin
Ketua Komisi IV DPR RI Sudin saat memimpin Rapat Kerja Komisi IV DPR RI bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sekaligus RDP dengan Perum Bulog, PT RNI, ID FOOD, dan PT Pupuk Indonesia di Gedung Nusantara II, Jakarta, Senin (1612022). Foto Mentarinr

Panennews.com – Ketua Komisi IV DPR RI Sudin meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk mengantisipasi isu-isu aktual yang berkembang seperti ketidak pastian ekonomi dan iklim politik yang berdampak pada masyarakat.

Dia menyebutkan, kesejahteraan merupakan urgensi utama dalam sebuah program dengan menekankan pada tiga dimensi, yaitu sosial, ekonomi, dan ekologi. Oleh karenanya, Sudin meminta KKP mewaspadai risiko terbesar dari catatan tersebut dan mencarikan solusi.

Selain itu, Komisi IV DPR RI juga meminta Kementerian KKP memberikan penjelasan terkait sejauh mana program atau kegiatan yang bersifat pemulihan ekonomi telah menyentuh masyarakat kecil.

Baca Juga :   Dorong Kualitas Usaha, KKP Terbitkan SKP Untuk Unit Pengolahan Ikan

Lebih lanjut, Kementerian KP juga diharapkan bisa menambah program kegiatan yang memungkinkan agar bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Komisi IV DPR meminta penjelasan terkait isu di masyarakat mengenai adanya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 26 Tahun 2023 tentang Pengelolaan hasil Sedimentasi di Laut serta bagaimana proses regulasinya,” terang Sudin, dikutip dari keterangan persnya, Senin (12/06/2023).

Adapun KKP perlu meningkatkan pembangunan Kampung Nelayan Maju (Kalaju) karena telah memberikan manfaat besar bagi masyarakat di daerah pesisir. Ia ingin agar anggaran untuk program ini segera ditambah.

Baca Juga :   Menteri KKP Ekspor Produk Perikanan Sebesar 1 Triliun

Lebih jauh, Sudin menegaskan pembangunan berkelanjutan dalam bidang kelautan dan perikanan dikhususkan untuk mengintegrasikan sumber daya alam kelautan untuk dikelola sebaik-baiknya.

Dia pun mengingatkan, RPJMN tahun 2020-2024 memiliki empat pembangunan mainstreaming yang inovatif dan adaptif sebagai katalis pembangunan untuk mencapai masyarakat sejahtera dan berkeadilan. Menurutnya, pembangunan berkelanjutan termasuk salah satu dari empat pembangunan mainstreaming tersebut.

“Hal ini penting karena pelaksanaan agenda pembangunan prioritas nasional. Proyek strategis, khususnya, menjadi isu aktual yang arah pembangunan dan nilai manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.