Hari Raya Idul Adha, Wamendag Sebut Bapok Aman Harga Terkendali

oleh -14 views
PsP4pE1Plbyf5UXCpmuDRgY5n1gYnEguVD1zErai
Foto : Biro Humas Kemendag

Panennews.com – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menegaskan, stok barang kebutuhan pokok (bapok) di Karawang, Jawa Barat aman, serta harganya terkendali pada hari raya Iduladha 1444 H.

Hal tersebut diungkapkan Wamendag Jerry saat mengunjungi Pasar Johar di Karawang, Jawa Barat, hari ini Rabu (28/06/2023), Wamendag Jerry didampingi Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti, Wakil Kepala Bulog Kabupaten Karawang Mustika.

”Hari ini saya meninjau dan melihat langsung kondisi pasar terbaik ketiga di Jawa Barat ini. Begitu dicek, harga bapok relatif stabil. Harga telur justru turun dan minyak goreng MINYAKITA juga masih sesuai harga eceran tertinggi (HET) yaitu Rp15.500/kg atau Rp14.000/liter,” kata Wamendag Jerry.

Berdasarkan pantauan, harga bapok di Pasar Johar tercatat beras medium Rp11.000—12.000/kg, beras premium Rp13.000/kg, bawang putih honan Rp40.000/kg, bawang merah Rp42.000/kg, cabai merah keriting Rp35.000/kg, cabai merah besar Rp40.000/kg, gula pasir Rp15.000/kg, minyak goreng kemasan premium Rp18.000/liter, daging ayam Rp44.000/kg, tepung terigu Rp11.000/kg.

Baca Juga :   Kunjungi Pasar Waru, Presiden Sebut Harga Cabai Dan Stok Beras Relatif Aman

Lebih lanjut, Wamendag Jerry mengungkapkan saat ini stok bapok aman. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk hasil kerja sama pemerintah pusat dan pemerintah daerah, baik pemerintah kota, pemerintah kabupaten, dan pemerintah provinsi.

“Kami tadi berdiskusi dengan para pedagang untuk memastikan apa yang mereka dapat sesuai dengan apa yang mereka jual. Meskipun ada sedikit fluktuasi harga di beberapa komoditas, tetapi menjelang Iduladha ini harga bapok relatif masih stabil,” terang Wamendag Jerry.

Selain itu, Wamendag Jerry juga menyaksikan transaksi dagang di Pasar Johar menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Digitalisasi pembayaran menggunakan QRIS lebih praktis bagi para pedagang dan pembeli di pasar.

Baca Juga :   DPR RI : Pemerintah Harus Cari Solusi, Atasi Kenaikan Harga Daging Dan Telur

Sementara itu, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti menambahkan, di beberapa toko dan kios di pasar rakyat sudah menggunakan QRIS.

“Kami bangga QRIS sudah dipakai di beberapa toko dan kios yang kami datangi di pasar. Ada satu pesan dari saya, saat menggunakan QRIS, jangan lupa kita cek sekali lagi rekening tujuannya. QRIS itu memudahkan, tapi tetap untuk keamanan kita harus cek Bersama,” imbuh Destry.

Lebih jauh, Destry mengapresiasi kerja sama semua pihak yang telah mendorong seluruh pedagang di Pasar Johar untuk menggunakan QRIS. Hal ini adalah bukti QRIS juga dapat meningkatkan pendapatan para pedagang. Pasar Johar diharapkan dapat menjadi contoh bagi pasar-pasar lain di Jawa Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.