Jelang Idul Adha, Presiden Jokowi Pastikan Harga Dan Stok Beras Aman

oleh -11 views
presidenri.go.id-11092023162703-64fedd678ab688.37478962
Foto : BPMI Setkab

Panennews.com – Dalam kunjungannya ke Pasar Lacaria, di Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara pada Selasa (14/05/2024).

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengamati stabilitas harga dan ketersediaan stok bahan pokok sebulan menjelang Idul adha tahun 2024.

Presiden menyatakan kepuasan terhadap kondisi pasar, terutama harga beras yang terbilang rendah dan ketersediaan stok yang memadai.

“Ya, harga saya lihat sangat baik, terutama beras,” ujar Presiden. “Saya tadi kaget, beras lokal dijual Rp11 ribu per kilogram untuk yang medium, dan untuk yang premium Rp13 ribu per kilogram, saya kira baik.”

Baca Juga :   Pasar Swalayan Di Kabupaten Batang Kehabisan Stok Beras SPHP

Presiden menambahkan bahwa tidak ada kekhawatiran terkait stok beras mengingat cadangan Bulog saat ini telah mencapai 1,8 juta ton, lebih tinggi dari biasanya sebesar 1,2 juta ton.

“Jadi untuk stok enggak ada masalah, bahkan stok beras cenderung aman hingga setelah idul adha tahun ini” tegasnya.

Lebih lanjut, mengenai kestabilan harga barang lainnya, Presiden juga memberikan tanggapan positif. Hal itu mengenai harga bawang dan ketersediaannya.

“Ya yang lain saya kira tadi bawang merah 35 (ribu per kilogram), kemudian bawang putih Rp50 ribu. Saya kira masih baik, yang bawang merah malah lebih rendah dibanding di Jawa, jauh,” ucapnya.

Baca Juga :   Jelang Ramadhan, Harga Telur Ayam Di Banda Aceh Merangkak Naik

Dalam konteks persiapan menjelang Iduladha, Presiden tidak menyatakan kekhawatiran khusus tentang lonjakan harga karena kondisi pasar yang terlihat stabil dari dua kunjungan terakhirnya.

“Saya lihat sudah ke dua pasar harga-harga baik, terutama beras yang saya agak khawatir kan beras—beras di sini malah baik karena memang produksi lokalnya juga melimpah, enggak ada masalah,” ungkap Presiden.

Kunjungan ini menunjukkan upaya berkelanjutan pemerintah dalam memastikan kestabilan harga dan ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat, khususnya menjelang hari raya besar seperti Idul adha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.